Laporan Penelitian DIPA Pemula Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menyusun PTK Melalui Penggunaan Metode Diskusi Di SDN Sukolilo 250 Surabaya

Widayati, Wahyu and Martono, Boedi and Mardiana, Ninik (2018) Laporan Penelitian DIPA Pemula Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menyusun PTK Melalui Penggunaan Metode Diskusi Di SDN Sukolilo 250 Surabaya. Technical Report. Lembaga Penelitian.

[img] Text
LAP REPOSITORI PDF.pdf

Download (826kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan guru dalam menyusun penelitian tindakan kelas (PTK) melalui penggunaan metode diskusi di SDN Sukolilo 250 Surabaya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah. Model yang digunakan adalah model spiral dengan prosedur penelitian yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan melalui dua siklus tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah nontes, tes, observasi, yang dilakukan peneliti bersama sejawat. Dalam menganalisis data penelitian digunakan metode deskriptif kualitatif yang dibantu dengan perhitungan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa pada kegiatan siklus I setelah digunakan metode diskusi kemampuan guru dalam menyusun PTK kurang memuaskan. Dari empat kelompok guru, dua kelompok (50%) nilainya baik dan dua kelompok yang lain (50%) nilainya kurang. Di samping itu, kemampuan guru dalam memahami penyusunan PTK secara individu pada Siklus I juga kurang memuaskan, Dari 9 orang guru sebanyak 5 orang (55,6%) memiliki kemampuan memahami penyusunan PTK secara individu adalah baik, sedangkan 4 orang (44,4%) kemampuannya kurang. Berkaitan dengan hal ini peneliti mengulang kembali perbaikan kegiatahn pada siklus II. Hasil penelitian siklus II menunjukkan bahwa kemampuan guru mengalami peningkatan yang memuaskan. Dari 4 kelompok guru yang memiliki kemampuan menyusun PTK dengan nilai > 80 (baik) berjumlah 3 kelompok (75%), sedangkan yang nilainya 75 (cukup) sebanyak 1 kelompok (25%). Secara individu kemampuan guru dalam memahami cara penyusunan PTK juga sudah memuaskan. Dari 9 orang guru sebanyak 7 orang (77,8%) memiliki kemampuan memahami penyusunan PTK secara individu adalah baik, sedangkan 2 orang (22,2%) kemampuannya masih kurang. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam menyusun penelitian tindakan kelas (PTK) di SDN Sukolilo 250 Surabaya dapat ditingkatkan melalui penggunaan metode diskusi.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Depositing User: Lusiana Prastiwi
Date Deposited: 13 Jul 2018 06:45
Last Modified: 13 Jul 2018 06:45
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/1086

Actions (login required)

View Item View Item