Adinar, Maya and Panuju, Redi Analisis Naratif Perempuan Madura dalam Bahan Ajar Bahasa Madura. JURNAL KAJIAN MEDIA, 2 (1). pp. 83-96. ISSN 2579-9436
Text
ilovepdf_merged(8).pdf Download (786kB) |
Abstract
Abstrak - Cara melestarikan kebudayaan adalah dengan diturunkan dan diajarkan sedini mungkin kepada generasi penerus. Masa – masa terpenting dalam penyerapan budaya adalah masa remaja, sehingga dirasa perlu melibatkan kebudayaan dalam pendidikan formal. Perempuan penting untuk diteliti, karena perempuan memiliki banyak aturan dalam berkehidupan. Sebagai “ibu” yang akan mengajari sopan santun dan tatakrama pada anaknya. Perempuan dalam cerita rakyat adalah contoh yang diberikan oleh budaya agar menjadi pedoman hidup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis naratif. Metode ini memiliki tiga tahap yaitu, pemisahan Alur (plot) dan cerita (Story), mencari struktur dalam narasi dan mengidentifikasi karakter tokoh dalam cerita rakyat Madura pada Bahan Ajar Bahasa Madura. Objek dari penelitian ini adalah Buku bahan Ajar Bahasa Madura dan subyek penelitian ini adalah perempuan Madura. Hasil dari analisis terhadap obyek Perempuan dalam Bahan Ajar Bahasa Madura digambarkan sebagai sosok yang lemah meskipun ada di lingkungan kehidupan yang keras dan sulit, memiliki nilai religiusitas yang tinggi dan memiliki jiwa petualang.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Administrator Unitomo |
Date Deposited: | 01 Nov 2018 05:41 |
Last Modified: | 26 Mar 2019 07:03 |
URI: | http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/1228 |
Actions (login required)
View Item |