Oktaviana Pinaraswat, Sandra and Saibat, Saibat PENGARUH BUDAYA, SOSIAL, KEPRIBADIAN, PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI MANAJEMEN PADA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS DR.SOETOMO SURABAYA. Technical Report. FAKULTAS. (Submitted)
Text
PENGARUH BUDAYA, SOSIAL, KEPRIBADIAN, PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI MANAJEMEN PADA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS DR.SOETOMO SURABAYA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan perguruan tinggi di Indonesia menunjukkan trend yang terus menanjak dalam beberapa tahun terakhir ini. Seiring dengan membaiknya kondisi perekonomian, demand akan pendidikan di perguruan tinggi juga mengalami peningkatan. Data yang diperoleh dari Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) Dirjen Dikti Kemendikbud RI tahun 2014 menunjukkan bahwa jumlah perguruan tinggi yang ada di Indonesia mencapai 3.151 Perguruan Tinggi (PT). Dari banyaknya perguruan tinggi tersebut sebanyak 3.068 atau 97% merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS), sedangkan Perguruan Tinggi Negri (PTN) hanya berjumlah 83 atau 3%. Sedangkan di Jawa Timur data Depdiknas menunjukkan, dari sekitar 200 ribu peserta UAN SLTA di Jatim tiap tahunnya, hanya sekitar 45- 50% yang melanjutkan ke jenjang PT. Dari jumlah ini, sekitar 20 ribu diserap 7 PTN yang ada di Jatim, dan sekitar 80 ribu sisanya yang diperebutkan sekitar 200 PTS yang ada di Jatim. Data diatas memperlihatkan bahwa jumlah perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh masyarakat (PTS) di Indonesia jauh lebih besar dari jumlah PTN. Hal ini secara tegas menunjukkan besarnya kontribusi PTS dalam pendidikan di tanah air karena PTS juga turut andil dalam mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara. Banyaknya jumlah PTS di kota Surabaya dan banyaknya jumlah program studi menyebabkan persaingan antar PTS dan antar prodi yang semakin ketat. PTS di Kota Surabaya bersaing untuk menarik minat mahasiswa yang akan melanjutkan studinya ke perguruan tinggi. Agar memenangkan persaingan, masing-masing prodi di PTS giat berusaha meningkatkan kualitas dan kuantitasnya, mulai dari merekrut dosen, bekerja sama dengan PTN dan PTS dalam dan luar negeri, melengkapi fasilitas maupun giat melakukan promosi di berbagai media. Disisi lain persaingan tersebut secara tidak langsung memberi keuntungan tersendiri bagi mahasiwa, karena mahasiswa mempunyai banyak pilihan untuk memutuskan program studi dan perguruantinggi mana yang akan dipilih.
Item Type: | Monograph (Technical Report) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Husein Muhammad |
Date Deposited: | 25 Jan 2019 01:28 |
Last Modified: | 25 Jan 2019 01:28 |
URI: | http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/1515 |
Actions (login required)
View Item |