Strategi Pembelajaran dengan Humor Guna Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa BIPA

Pujimahanani, Cahyaningsih and Ainie, Isnin (2016) Strategi Pembelajaran dengan Humor Guna Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa BIPA. In: Enrichment of Career by Knowledge of Language Literature IV, 18 Agustus 2016, Universitas Dr. Soetomo, Indonesia.

[img]
Preview
Text
isnin ECKLL.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran berbahasa yang meliputi pembelajaran keterampilan berbicara menyimak, membaca, dan menulis , khususnya bagi pebelajar/siswa BIPA, dibutuhkan strategi yang menarik dan menyenangkan , yaitu dengan menggunakan humor. Makalah ini mengetengahkan gagasan pokok berkenaan dengan penggunaan strategi pembelajaran dengan humor guna meningkatkan kemampuan berbahasa siswa BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing). Permasalahannya, masih banyak pengajar BIPA yang belum menggunakan strategi pembelajaran dengan humor ini secara maksimal dikarenakan para pengajar tersebut kurang mengetahui manfaat dan efek humor yang luar biasa terhadap peningkatan proses pembelajaran, khususnya peningkatan kemampuan berbahasa.Tujuan makalah ini adalah diharapkan agar para pengajar BIPA bisa memanfaatkan dan mengembangkan strategi pembelajaran dengan humor dan mampu menerapkannya dalam berbagai bentuk kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa BIPA dalam berbahasa . Sehingga tujuan untuk sukses dalam pembelajaran BIPA akan tercapai dengan maksimal.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra
Depositing User: Editor Umum
Date Deposited: 04 Apr 2017 08:49
Last Modified: 04 Apr 2017 08:49
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/161

Actions (login required)

View Item View Item