PEMAHAMAN SITUASI PENGGUNAAN UNGKAPAN SOU DA, RASHII, DAN TO IU KOTO DA DALAM PRAKTIK MICRO TEACHING

Nugroho, Rahadiyan Duwi (2014) PEMAHAMAN SITUASI PENGGUNAAN UNGKAPAN SOU DA, RASHII, DAN TO IU KOTO DA DALAM PRAKTIK MICRO TEACHING. In: KONTRIBUSI BUDAYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG, 8 Februari 2014, Universitas Kristen Maranatha, Bandung, Jawa Barat.

[img]
Preview
Text
Pemahaman Situasi Penggunaan Ungkapan Sou da, Rashii, To iu Koto da dalam Praktik Micro Teaching.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
Official URL: https://gakkaijabar@yahoo.co.jp

Abstract

ABSTRAKSI Makalah ini membahas perbedaan situasi penggunaan ungkapan laporan sou da, rashii dan to iu koto da. Ketiga ungkapan ini berfungsi untuk melaporkan pesan informasi dari sumber/narasumber lewat pembicara kepada pendengar. Akan tetapi, ketiga ungkapan ini memiliki nuansa dan makna yang tidak sama. Untuk mengetahui perbedaan situasi penggunaan, penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian deskriptif dan simak dengan teknik catat dan pengajaran. Data yang diperoleh adalah kalimat-kalimat bahasa Jepang dari beberapa buku ajar yang mengandung sou da, rashii, dan to iu koto da. Data tersebut disimak dan dideskripsikan dengan cara diklasifikasikan perbedaan situasi penggunaannya. Berdasarkan hasil klasifikasi, secara umum ungkapan sou da diujarkan pembicara yang sumber/narasumbernya jelas. Sebaliknya, ungkapan rashii diujarkan pembicara yang sumber/narasumbernya kurang jelas, bisa berupa gosip, dugaan belaka atau masih belum jelas benar-tidaknya. Ungkapan to iu koto da lebih banyak digunakan untuk menyampaikan laporan, berita yang sifatnya formal atau urgensi. Berdasarkan penerapannya dalam pengajaran yang diaplikasikan lewat latihan soal, ungkapan rashii dan sou da, sering tertukar penggunaannya. Padahal, secara makna sou da berfungsi melaporkan informasi yang sumber/narasumbernya jelas, sedangakan rashii, secara umum digunakan pembicara untuk menyatakan informasi yang masih belum pasti realitanya, dan sumber/narasumbernya tidak jelas. Efektivitas pemahaman perbedaan penggunaan situasi sou da, rashii, dan to iu koto da dalam praktik pengajaran di kelas perlu melibatkan konteks situasi dari partisipan yang terlibat dengan menampilkan dialog yang ditampilkan dalam media audio visual. Kata kunci: sou da, rashii, to iu koto da, pengajaran

Item Type: Conference or Workshop Item (Keynote)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Sastra > Sastra Jepang
Depositing User: duwi nugroho rahadiyan
Date Deposited: 03 Mar 2016 22:47
Last Modified: 03 Mar 2016 22:47
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/28

Actions (login required)

View Item View Item