PELATIHAN PENULISAN PARAGRAF BAHASA INGGRIS SANTRI PONDOK PESANTREN BISMAR AL-MUSTAQIM SURABAYA

Yuliastuti, Anicleta and Ariwibowo, Syamsuri and Pujimahanani, Cahyaningsih PELATIHAN PENULISAN PARAGRAF BAHASA INGGRIS SANTRI PONDOK PESANTREN BISMAR AL-MUSTAQIM SURABAYA. Project Report. unpublished. (Unpublished)

[img] Text
LAPORAN PPM CAHYANINGSIH AGUSTUS 2020.docx

Download (11MB)

Abstract

Permasalahan yang dirasakan oleh anak asuh pondok pesantren Bismar Al-Mustaqim menunjukkan bahwa beberapa diantara mereka mengalami kesulitan menyusun karangan deskripsi dengan ketentuan-ketentuan dan kaidah yang berlaku. Berdasarkan pada permasalahan yang dirasakan oleh anak asuh pondok maka tim pengadian memberikan solusi dengan langkah-langkah yang harus dilaksanakan adalah sebagai berikut: Prewriting, Drafting, Rivising, Editing, dan Sharing. Untuk mendukung program kegiatan pada tahapan seperti tersebut diatas maka tim pengabdian menawarkan metode solusi masalah yaitu perencanaan, pelaksanaan penulisan,evaluasi, dan pendampingan. Hasil yang didapatkan dalam pelaksanaan pengabdian di Pondok Pesantren “Bismar Al-Mustaqim sebagai berikut.Setelah dilakukan evaluasi terhadap karangan yang ditulis oleh anak asuh pondok dengan memperhatikan beberapa aspek kaidah penulisan karangan deskripsi adalah: pada aspek isi menunjukkan bahwa pada dasarnya mereka sudah bisa menulis karangan diskripsi sesuai dengan kaidah isi, tetapi masih ada penemuan karangan dengan penulisan kalimat yang kurang lengkap. Aspek Organisasi menunjukkan bahwa mereka sudah memiliki kemampuan untuk merangkai ide atau gagasan dengan baik. Aspek Kosakata menunjukkan bahwa mereka memiliki kosakata yang terbatas sehingga ada beberapa kosakata pada kalimat yang tidak tepat atau sesuai dengan ide ungkapan yang ingin disampaikan. Aspek Gramatika menunjukkan bahwa mereka masih merasa sulit untuk memahami dan menerapkan gramatika pada kalimat. Pemahaman gramatika pada kalimat sangat penting dan berpengaruh terhadap ide dan gagasan yang ditulis. Pada aspek Ejaan menunjukkan bahwa mereka kurang memiliki kepekaan terhadap penulisan ejaan pada kosakata dan kalimat. Sebagai tindak lanjut yang akan dilakukan adalah tim pengabdian akan melukakan pemantauan serta pendampingan secara rutin kepada anak asuh pondok pesantren agar supaya mereka memiliki kemampuan menuangkan ide dan gagasan pada karangan diskripsi dengan benar sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Sastra > Sastra Inggris
Depositing User: Niko Hasda
Date Deposited: 05 Aug 2020 15:23
Last Modified: 05 Aug 2020 15:23
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/2846

Actions (login required)

View Item View Item