Roekminiati, Sri and Kamariyah, Sri and Astuti, Christiana (2016) Evaluasi Terhadap Pelayanan Rapor Online di SMP Negeri 12 Surabaya. [Experiment]
|
Text
kompilasi LAPORAN RAPOR ONLINE fix.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan rapor online di Surabaya sudah menginjak semester ke-enam pada tahun pelajaran 2015/2016 ini. Awal implementasi rapor online tidak mudah, terutama untuk mengubah paradigma berpikir para guru di sekolah. Namun, pada semester dua, para guru ternyata merasa nyaman karena hal itu mudah dan tak lagi direpotkan oleh penghitungan nilai akhir semester berkat bantuan sistem ini. Pada semester satu, tantangan utamanya adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi tinggi (TIK). Guru wajib menguasai TIK untuk mempermudah memasukkan evaluasi peserta didik ke dalam format rapor online. Rapor online bisa diakses orangtua siswa setelah proses entry data diselesaikan. Untuk bisa mengaksesnya, wali murid tinggal memasukkan password dengan menuliskan NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan tanggal lahir. Wali murid tidak hanya bisa mengakses rapor per semester saja, tetapi nilai yang lain juga, seperti ulangan harian atau prestasi-prestasi siswa lainnya karena akses ini akan dibuka terus menerus. Tujuan Penelitian ini bermaksud untuk Menghitung Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) akan pelayanan rapor online di SMP Negeri 12 Surabaya: yakni SKM dengan standar Kepmenpan 16/2014 yang terdiri dari 8 (delapan) unsur kepuasan masyarakat, mengidentifikasi dan mendeskripsikan faktor-faktor apa yang mendorong masyarakat puas dan tidak puas akan pelayanan rapor online di SMP Negeri 12 Surabaya, serta mengidentifikasi dan mendiskripsikan kualitas pelayanan seperti apa yang diharapkan oleh masyarakat yang harus disediakan SMP Negeri 12 Surabaya agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan rapor online. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif. Adapun teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah a) orang tua murid kelas 7 (tujuh) : 30 orang; b) orang tua murid kelas 8 (delapan): 30 orang dan c) Wali murid kelas 9 (sembilan) : 30 orang. Prosedur Pengumpulan Data: Observasi atau pengamatan; Wawancara mendalam/In-Depth interview, metode dokumenter dan kuesioner. Metode analisis data menurut Miles dan Huberman yang terdiri tiga alur kegiatan. Hasil penelitian ini adalah 1) Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap kualitas pelayanan rapor online di SMP Negeri 12 Surabaya adalah 2,89; dengan Mutu Pelayanan B ini berarti Baik. 2) Faktor yang mendorong masyarakat (wali murid) puas akan pelayanan rapor online antara lain: a) Memudahkan wali murid untuk melihat rapor putra-putrinya tanpa adanya batasan ruang dan waktu; b) Lengkap.; c) Respon Guru Mata Pelajaran dan Wali Murid sangat baik; d) Persyaratan untuk membuka rapor online sangat mudah yaitu menggunakan password NIK dan tanggal lahir. 3) Faktor-faktor yang mendorong masyarakat tidak puas akan pelayanan rapor online di SMP Negeri 12 Surabaya adalah: a) Masih seringkali terjadi trouble dalam mengakses karena jaringan padat atau server yang kadang tidak connect, b) Masih ada wali kelas yang kurang kooperatif jika terjadi kesalahan dalam meng-entry; c) Penyajian rapor online menurut sebagian orang sulit dimengerti. 4) Kualitas pelayanan yang diharapkan oleh masyarakat yang harus disediakan SMP Negeri 12 Surabaya agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan rapor online adalah: a. Sosialisasi secara periodik perlu dilakukan utamanya bagi orang tua wali kelas 7 (tujuh) agar mahir membuka rapor online; b. Server lebih adaptif dengan user; c. Rentang nilai untuk memudahkan bagi nilai SMP adalah 10-100 bukan seperti yang tercantum dalam nilai rapor sekarang 1-4. d. Deskripsi kompetensi lebih sederhana. Pada akhirnya dalam penelitian ini peneliti memberikan saran: 1) pihak sekolah terus melakukan sosialisasi secara periodik (per semester) lebih utama wali murid kelas 7 (tujuh) mengenai rapor online. Terkait dengan persyaratan, langkah-langkah, mengatasi berbagai macam kendala saat mengakses; 2) Bagi yang belum mampu membuka rapor online, jangan putus asa, terus belajar; 3) Hendaknya setiap selesai ulangan nilainya siswa di entry secara langsung ke rapor online, responsif terhadap komplain wali murid jika ada kesalahan entry dan terus belajar IT bagi guru yang merasa masih gaptek; 4) Bagi Dinas Pendidikan dan instansi terkait. Agar ada jaminan konektivitas internet rapor online tidak sering loading, ada perbaikan server agar lebih adaptif dengan user dalam hal ini sekolah-sekolah yang semakin banyak menerapkan rapor online.
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi |
Depositing User: | Suryaningfatma Wigati |
Date Deposited: | 19 Apr 2017 02:44 |
Last Modified: | 19 Apr 2017 02:44 |
URI: | http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/303 |
Actions (login required)
View Item |