PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS MELALUI PELATIHAN PENULISAN PARAGRAF BAHASA INGGRIS (PENGABDIAN DI PONDOK PESANTREN BISMAR AL-MUSTAQIM SURABAYA

Yuliastuti, Anicleta and Pujimahanani, Cahyaningsih PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS MELALUI PELATIHAN PENULISAN PARAGRAF BAHASA INGGRIS (PENGABDIAN DI PONDOK PESANTREN BISMAR AL-MUSTAQIM SURABAYA. Unpublished. (Unpublished)

[img] Text
(edited) Anicleta-PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS (2).docx

Download (158kB)

Abstract

Di masa globalisasi saat ini, kemampuan berbahasa Inggris sangat diperlukan untuk menanggapi kemajuan zamankarena pengetahuan telah meluas ke berbagai arah baik formal maupun informal(Suparno dan Yunus, 2007). Salah satu aspek berbahasa Inggris yang penting adalah tentang menulis. Menulis mungkin dapat dilakukan oleh semua orang, namun diperlukan pemahaman dan pendidikan untuk dapat menulis dengan baik dan juga benar (Sudiati dan Widyamartaya, 2005). Mulai dari struktur kata, kalimat, paragraf, hingga narasi yang dibentuk perlu selalu disesuaikan dengan kaidah-kaidah gramatikal dalam Bahasa Inggris. Dengan memahami struktur penulisan paragraf dalam penulisan, pembelajar bahasa sekaligus memahami tentang kosakata, makna, serta maksud dan tujuan berbahasa asing tersebut. Hal ini juga berlaku dalam tiap aktivitas formal dan informal berbahasa Inggris. Aspek formal berarti pendidikan sedangkan informal bermakna kehidupan sehari-hari(Sudiati dan Widyamartaya, 2005). Keduanya dapat dipahami melalui penulisan dalam bahasa Inggris karena pembelajar didorong memahami arti harfiah bahasa sekaligus menerjemahkan, memahami kosakata, menulis struktur frase yang baik, hingga pembentukan kalimat yang sesuai dengan kaidah yang berlaku. Dalam aspek pendidikan, pesantren berperan penting dalam mengakomodasi pelajar untuk belajar bidang agama dan aspek ilmu yang lain termasuk bahasa Inggris.Penulis bekerjasama dengan Pondok Pesantren Bismar Al-Mustaqim Surabaya untuk membantu meningkatkan kemampuan belajar siswa-siswi. Materi-materi pelatihan kemudian ditekankan pada pengulangan dan pendalaman terhadap pelajaran menulis bahasa Inggris di sekolah.Pondok pesantren Bismar Al-Mustaqim terletak di desa Semolowaru Kecamatan Sukolilo Surabaya berdiri pada tahun 2014. Hambatan-hambatan yang dialami oleh pesantren tersebut adalah kurangnya tenaga pendidik profesional, termasuk rendahnya minat serta motivasi warga pondok untuk belajar atau memahami Bahasa Inggris. Dari latar belakang di atas, pertanyaan yang perlu dijawab adalah bagaimana pelatihan penulisan paragaraf Bahasa Inggris mampu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris terutama dilihat dari pengabdian di Pondok Pesantren Bismar Al-Mustaqim Surabaya? Tulisan ini memaparkan temuan-temuan selama realisasi program pelatihan tersebut. Pelatihan penulisan paragraf dapat menjadi jembatan perbedaan antara Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Bahasa Inggris sebagai bahasa asingdianggap sangat berbeda dengan bahasa ibu yaitu Bahasa Indonesia (Suparno dan Yunus, 2007). Dengan mempelajari cara menulis paragraf, pemahaman struktur kalimat Bahasa Inggris dapat diperdalam dan direfleksikan dari bahasa ibu pula.

Item Type: Article
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Sastra > Sastra Inggris
Depositing User: Niko Hasda
Date Deposited: 19 Jan 2022 12:34
Last Modified: 19 Jan 2022 12:34
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/3228

Actions (login required)

View Item View Item