Sucipto, Sucipto (2017) PENGEMBANGAN KETRAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI METAKOGNITIF MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Jurnal Pendidikan, 2 (1). pp. 63-71. ISSN 2527-6891
|
Text
Repository_cipto.pdf Download (545kB) | Preview |
Abstract
Laporan PISA dan TIMSS menunjukkan peserta Indonesia hanya mampu mencapai tingkatan kedua dari enam tingkatan berpikir pada soal yang dikompetisikan. Ini menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam berpikir logis dan rasional masih rendah dibanding negara lain. Untuk mengembangkan ketrampilan berpikir tingkat tinggi, pendidik dituntut kreatif untuk menciptakan suasana belajar dan menggunakan berbagai strategi pembelajaran yang mendukungnya. Strategi metakognitif problem solving dan problem based learning (PBL) merupakan alternatif strategi pembelajaran yang perlu dipertimbangkan. Berdasarkan beberapa kajian empiris membuktikan bahwa penggunaan strategi metakognitif problem solving dan problem based learning mampu mengembangkan ketrampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Kata Kunci: ketrampilan berpikir tingkat tinggi, strategi metakognitif problem solving, problem based learning
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lusiana Prastiwi |
Date Deposited: | 05 Jun 2017 03:49 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 03:49 |
URI: | http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/333 |
Actions (login required)
View Item |