PENGEMBANGAN KETRAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI METAKOGNITIF MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Sucipto, Sucipto (2017) PENGEMBANGAN KETRAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI METAKOGNITIF MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Jurnal Pendidikan, 2 (1). pp. 63-71. ISSN 2527-6891

[img]
Preview
Text
Repository_cipto.pdf

Download (545kB) | Preview
Official URL: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jp/issue/vie...

Abstract

Laporan PISA dan TIMSS menunjukkan peserta Indonesia hanya mampu mencapai tingkatan kedua dari enam tingkatan berpikir pada soal yang dikompetisikan. Ini menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam berpikir logis dan rasional masih rendah dibanding negara lain. Untuk mengembangkan ketrampilan berpikir tingkat tinggi, pendidik dituntut kreatif untuk menciptakan suasana belajar dan menggunakan berbagai strategi pembelajaran yang mendukungnya. Strategi metakognitif problem solving dan problem based learning (PBL) merupakan alternatif strategi pembelajaran yang perlu dipertimbangkan. Berdasarkan beberapa kajian empiris membuktikan bahwa penggunaan strategi metakognitif problem solving dan problem based learning mampu mengembangkan ketrampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Kata Kunci: ketrampilan berpikir tingkat tinggi, strategi metakognitif problem solving, problem based learning

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lusiana Prastiwi
Date Deposited: 05 Jun 2017 03:49
Last Modified: 05 Jun 2017 03:49
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/333

Actions (login required)

View Item View Item