PPM Metode Active Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar

Nugroho, Rahadiyan Duwi and Ainie, Isnin and Irmayanti, Desy and Mufidah, Nurul (2024) PPM Metode Active Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Project Report. LPM Universitas Dr. Soetomo. (Unpublished)

[img] Text
PPM Metode Active Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar.pdf

Download (811kB)

Abstract

Metode active learning merupakan salah satu metode pengajaran yang melibatkan keaktifan siswa dalam belajar. Seiring dengan perkembangan waktu, teknik pengajaran yang bersifat konvensional seperti kegiatan menerangkan materi kepada siswa-siswa tanpa diimbangi dengan pemberian tugas, praktik, diskusi maupun pemberian ilustrasi akan membuat kemampuan siswa dalam memahami dan mendalami mata pelajaran tersebut kurang karena kemampuan mereka tidak diberdayakan dan digali secara maksimal oleh guru sebagai pendidiknya. Workshop dengan judul Metode Active Learning di SMK Unitomo ini merupakan sebuah kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh tim pengabdian Masyarakat dari Prodi Sastra Jepang Universitas Dr. Soetomo untuk mencoba berbagi tentang bagaimana mengajar dengan baik agar siswa didiknya berhasil mencapai tingkat pemahaman yang utuh dalam setiap materi yang diajarkan. Metode pengabdian yang dilakukan oleh tim abdimas yakni dengan metode ceramah, diskusi dan simulasi kelompok. Dari hasil workshop yang dilakukan melalui 3 metode tersebut, akhirnya tergali bahwasannya, guru-guru SMK Unitomo sudah sebagian besar mengajar tidak lagi dengan cara yang konvensional satu arah, tapi juga sudah berusaha menerapkan pembelajaran aktif (active learning). Misalnya, metode ceramah dan diskusi, diskusi dan praktik, praktik dan latihan, dan sebagainya yang tentunya menyesuaikan dengan jenis dan karakter mata pelajarannya. Hasil penggalian diskusi dan paparan tentang cara mengajar guru SMK Unitomo ini juga tidak terlepas dari upaya tim abdimas yang turut mengaplikasikan metode active learning dalam workshop ini berupa simulasi. Akibatnya, masing-masing partisipan memunculkan diskusi 2 arah yang interaktif, membagi dan berbagi ilmu serta pengalaman antara tim abdimas dan para peserta. Tentunya, dalam menerapkan metode active learning dalam workshop tersebut, tim abdimas juga mencoba memberi penjelasan tentang materi piramida belajar, teknik active learning dan pengenalan materi aplikasi edugame. Dari hasil workshop ini, para peserta memberi respon positif karena mendapatkan informasi utuh perihal materi metode active learning, pengalaman berkelompok dan pengondisionalan kelompok agar aktif dalam berdiskusi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra > Sastra Jepang
Depositing User: duwi nugroho rahadiyan
Date Deposited: 23 Aug 2024 04:46
Last Modified: 23 Aug 2024 04:46
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/3490

Actions (login required)

View Item View Item