DESKRIPSI KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KARTU IDENTITAS ANAK DI KANTOR KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN SIDOARJO

Alim Prameswari, Mahardika (2022) DESKRIPSI KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN KARTU IDENTITAS ANAK DI KANTOR KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN SIDOARJO. Diploma thesis, Universitas Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER_MAHARDHIKA.pdf

Download (54kB)
[img] Text
SKRIPSI MAHARDHIKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan publik merupakan rangkaian kegiatan guna pemenuhan kebutuhan masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Pelayanan KIA termasuk pelayanan baru yang ada di Kantor Kecamatan Prambon. KIA adalah identitas resmi seorang anak sebagai tanda bukti bahwa anak tersebut belum atau kurang dari 17 tahun serta belum menikah yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisa dan hambatan yang dialami pada saat melakukan pelayanan KIA di Kantor Kecamatan Prambon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan data yang dikumpulkan berupa data wawancara, data observasi, dan data dokumentasi dengan teori manajemen pelayanan publik yang menggunakan 5 indikator pelayanan sebagai acuan untuk mengumpulkan data. Hasil dari penelitian ini ialah pelayanan KIA di Kantor Kecamatan Prambon dinilai cukup dan baik, pelayanan tanggap dan masyarakat merasa puas karena ekspektasi mereka terpenuhi. Masyarakat merasa bahwa pelayanan tersebut sudah tergolong ke dalam pelayanan yang baik. Dengan begitu pelayanan pembuatan KIA bisa dinilai sebagai pelayanan yang baik dan juga ideal. Masyarakat bisa menerima informasi melalui berbagai macam arah, baik verbal maupun non-verbal secara jelas. Hal tersebut menjadi poin untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi. Hambatan-hambatan yang dialami pada saat melakukan pelayanan KIA di Kantor Kecamatan Prambon bisa diselesaikan dengan baik oleh petugas berkat pendekatan secara deduktif sehingga masyarakat lebih bersikap objektif dan rasional. Hal tersebut menjadi nilai tambah untuk pelayanan KIA sendiri sekaligus sebagai bahan untuk meningkatkan mutu pelayanan. Keberhasilan petugas membuat pelayanan pembuatan KIA menjadi lebih terarah dan baik, serta mampu mewujudkan harapan pelanggan sehingga tujuannya pun bisa tercapai dengan sempurna. Kata kunci : pelayanan publik, kepuasan pelanggan, dan KIA

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Mahardika Alim Prameswari 2018020056
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Unitomo Library 2024
Date Deposited: 30 Aug 2024 01:50
Last Modified: 30 Aug 2024 01:50
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/3517

Actions (login required)

View Item View Item