Profil Miskonsepsi Pada Siswa Berkemampuan Matematika Rendah Pada Materi Pecahan Ditinjau Dari Gender

Putri Rahayu, Damar (2017) Profil Miskonsepsi Pada Siswa Berkemampuan Matematika Rendah Pada Materi Pecahan Ditinjau Dari Gender. Diploma thesis, Universitas Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
Profil Miskonsepsi Pada Siswa Berkemampuan Matematika Rendah.pdf

Download (3MB)

Abstract

Miskonsepsi merupakan hal yang harus dihindari guru dan peserta didik dalam pembelajaran. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami miskonsepsi salah satunya dalam Matematika. Pecahan salah satu materi dalam matematika yang sering digunakan dalam berbagai cabang matematika lainnya maupun dalam berbagai cabang lainnya diluar matematika. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui profil miskonsepsi siswa pada materi pokok pecahan. Dalam penelitian ini subjek yang diteliti adalah 2 siswa kelas VII D SMP Negeri 39 Surabaya, 2 subjek dengan tingkat kemampuan rendah. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan matematika siswa, soal tes CRI (Certainly of ResponIndeks) dan wawancara. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan tes pelacakan miskonsepsi yang dianalisis secara deskriptif dengan teknik CRI (Certainly of ResponIndeks). Siswa dengan tingkat kemampuan rendah banyak mengalami miskonsepsi pada materi pecahan. Hasil Penelitian menyebutkan Miskonsepsi siswa dominan pada konsep pemahaman struktur dari bilangan rasional. Kata Kunci: Miskonsepsi, gender, KemampuanMatematika, CRI (Certainly of ResponIndeks).

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Damar Putri Rahayu 2013220025
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unitomo Library 2024
Date Deposited: 02 Sep 2024 07:17
Last Modified: 02 Sep 2024 07:17
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/3562

Actions (login required)

View Item View Item