PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION(GI) DENGAN TIPE JIGSAW PADA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 WARU

Nurika Safitra, Novia (2022) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION(GI) DENGAN TIPE JIGSAW PADA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 WARU. Diploma thesis, Universitas Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION(GI) DENGAN TIPE JIGSAW.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa indonesia pada saat ini Saat ini ialah ketertinggalannya mutu pendidikan dengan bangsa lain. Baik itu pendidikan formal maupun nonformal. Hal tersebut dapat dibandingakan dengan strandart mutu pendidikan yang ada pada negara lain. Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas bangsa Indonesia agar menjadi bangsa yang cerdas, bertanggung jawab, disiplin, dan mampu untuk mengembangkan Indonesia ke arah yang lebih baik. Metode diperlukan oleh guru dan penggunaannya bervariasi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai setelah pengajaran berakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Waru. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII . Sampel yang digunakan yaitu kelas VIII 2 dan VIII 4. Perlakuan diberikan kepada dua kelas yaitu kelas VIII 2 diberikan perlakuan dengan tipe Group Investigation sedangkan kelas VIII 4 diberikan perlakuan dengan Jigsaw. Hasil analisis data pada kelompok eksperimen 1 dari tabel One-Sample Kolmogrov-Smirnov Test nilai probabilitas (p) eksperimen 1 = 0,302 >

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Novia Nurika Safitra 2013220015
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unitomo Library 2024
Date Deposited: 03 Sep 2024 03:06
Last Modified: 03 Sep 2024 03:06
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/3564

Actions (login required)

View Item View Item