Model Kolaborasi Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas V (Lima) di SDN Bangah Tahun Pelajaran 2014-2015

Huda, Nuril Model Kolaborasi Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas V (Lima) di SDN Bangah Tahun Pelajaran 2014-2015. [Experiment] (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Bangahh lengkap.pdf

Download (468kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : PAI , Model Kolaborasi Dalam proses pembelajaran yang menyangkut materi, metode, media alat peraga dan sebagainya harus juga mengalami perubahan kearah pembaharuan ( inovasi). Dengan adanya inovasi tersebut diatas dituntut seorang guru untuk lebih kreatif dan inovatif, terutama dalam menentukan model dan metode yang tepat akan sangat menentukan keberhasilan siswa terutama pembentukan kecakapan hidup ( life skill) siswa yang berpijak pada lingkungan sekitar. Penelitian ini berdasarkan permasalahan (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar PAI dengan diterapkannya model pengajaran kolaborasi pada siswa kelas V (Lima) Tahun pelajaran 2014-2015 b) Bagaimanakah pengaruh Model pengajaran kolaborasi terhadap motivasi belajar PAI pada siswa kelas kelas V (Lima) Tahun pelajaran 2014-2015. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (a) ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar PAI setelah diterapkannya model pengajaran kolaborasi (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar PAI setelah diterapkan model pengajaran kolaborasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : rancanan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas kelas V (Lima) Tahun pelajaran 2014-2015.Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (73,17%), siklus II (82,93%), siklus III (95,12%) Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas V (Lima) Tahun pelajaran 2014-2015 model pembelajarasn ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran PAI Abstarct Collaborative Model For Improving Learning Achievement of Islamic Religious Education Students of Class V (Five) in SDN Bangah Academic Year 2014-2015 Keywords: PAI, Collaboration Model In the process of learning that involves materials, methods, media props and so forth must also undergo a change towards the renewal of (innovation). With the above-mentioned innovations required a teacher to be more creative and innovative, especially in determining the appropriate models and methods that will determine the success of students, especially developing life skills (life skills) students who are grounded in the surrounding environment. This study is based on the problem (a) How can increase learning achievement PAI with the implementation of collaborative teaching models in class V (Five) The school year 2014-2015 b) How will the collaborative teaching model on motivation to learn PAI grade students in class V (Five) Years lesson 2014-2015. While the purpose of this study is (a) want to find out the increase learning achievement PAI after the implementation of collaborative teaching model (b) Want to know the effect of learning motivation PAI after application of collaborative teaching model. This study uses action research (action research) three rounds. Each round consists of four phases: rancanan, activities and observation, reflection and refisi. Goal of this study was grade class V (Five) Years 2014-2015.Data lessons obtained in the form of formative test results, observation sheet teaching and learning activities. From the analyst found that student achievement has increased from the first cycle to the third cycle, namely, the first cycle (73.17%), the second cycle (82.93%), the third cycle (95.12%) Conclusions from this research is cooperative learning methods can be a positive influence on achievement and motivation of students of class V (Five) The school year 2014-2015 pembelajarasn ​​models can be used as an alternative learning PAI

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Depositing User: Dwi Cahyono
Date Deposited: 09 May 2016 06:40
Last Modified: 23 Apr 2018 05:37
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/38

Actions (login required)

View Item View Item