STUDI PENGEMBANGAN UMKM PRODUK OLAHAN HASIL PERIKANAN (BANDENG CRISPY) DI SIDOARJO

Sri Hartini, MM, Ir Suzana and Trisbiantoro, M.P, Ir Didik and Hendarto, M.Si, Dr Ir Totok STUDI PENGEMBANGAN UMKM PRODUK OLAHAN HASIL PERIKANAN (BANDENG CRISPY) DI SIDOARJO. Project Report. UNITOMO. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
bu suzan.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

Usaha pengolahan hasil perikanan merupakan usaha industri rumah tangga yang sebagian besar masih bercampur dengan tempat tinggalnya dan masih memerlukan pembinaan agar aspek manajemen dan organisasi yang dihadapi seperti masalah pemasaran, permodalan, dan pengolahan dapat segera diatasi. Aspek manajemen dan organisasi merupakan aspek yang penting dianalisis untuk kelayakan suatu usaha, karena walaupun suatu usaha telah dinyatakan layak untuk dilaksanakan tanpa didukung dengan manajemen dan organisasi yang baik, bukan tidak mungkin akan mengalami kegagalan, khususnya pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi strategi pemasaran untuk penjualan produk ikan Bandeng Krispi, merumuskan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan hasil penjualan ikan Bandeng krispi dan menetapkan pengembangan strategi pemasaran ikan Bandeng krispi terbaik agar hasil penjualan optimal. Penelitian dilakukan pada perusahaan UD. Hikmah Artha Makmur di Desa Kalanganyar, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Dari perhitungan IFAS didapatkan nilai analisis faktor diketahui bahwa, nilai kekuatan (3.32) yang dimiliki oleh perusahaan lebih besar dari nilai kelemahan (1.75) yang di miliki oleh pihak perusahaan sehingga, UD Hikmah Artha Makmur dapat memaksimalkan segala kekuatan yang dimiliki untuk dapat mengembangkan usahanya dengan lebih baik lagi. Sedangkan nilai peluang (3.72) pada UD Hikmah Artha Makmur lebih besar dari pada nilai ancaman (1.78) yang dihadapi oleh pihak perusahaan sehingga, UD Hikmah Artha Makmur mempunyai kesempatan dalam memenangkan persaingan dengan perusahaan pesaingnya. Adapun nilai analisis faktor internal adalah 1.57. Sedangkan berdasarkan perhitungan dari table EFAS didapatkan nilai analisis faktor eksternal adalah 1.94. berada pada kuadran I, yaitu dimana posisi ini menggunakan strategi agresif dalam melakukan pemasaran produk perusahaan. Posisi strategi agresif merupakan situasi yang menguntungkan. Saran perlu diantisipasi kemungkinan terjadinya cycle product karena produk sudah mulai jenuh sehingga perlu dilakukan inovasi product baru atau derivate produk lama yang dikemas atau direstorasi lebih menarik, sedangkan terkait dengan pengembangan perlu adanya penelitian lebih lanjut tentang potensi pasar terutama segmen pasar yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan jangkauan pemasaran jenis dan kualitas produk yang diingini konsumen.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Pertanian > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Rahmawati Eka Setyorini
Date Deposited: 03 Jul 2017 04:14
Last Modified: 03 Jul 2017 04:14
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/387

Actions (login required)

View Item View Item