Laporan Penelitian DIPA "PERBEDAAN HASIL BELAJAR OPERASI PERKALIAN ANTARA YANG MENGGUNAKAN METODE MATHMAGIC DENGAN METODE BERSUSUN PADA SISWA KELAS IV MI KH ABU MANSUR SURABAYA"

Kadar, Suharti and Ardianik, Ardianik (2017) Laporan Penelitian DIPA "PERBEDAAN HASIL BELAJAR OPERASI PERKALIAN ANTARA YANG MENGGUNAKAN METODE MATHMAGIC DENGAN METODE BERSUSUN PADA SISWA KELAS IV MI KH ABU MANSUR SURABAYA". Technical Report. Lembaga Penelitian Universitas Dr. Soetomo.

[img]
Preview
Text
BAB 1-6.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar operasi perkalian dengan metode mathmagic dan metode bersusun pada siswa kelas IV MI KH Abu Mansur Surabaya. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif, dengan seluruh populasi dijadikan sampel sehingga disebut sampel populasi. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode analisis datanya menggunakan uji-t ( two independent sample t test) dengan melalui uji persyaratan yaitu uji normalitas data dan uji homogenitas varian menggunakan software SPSS 16. Dari hasil analisis data diperoleh = 2,39 > ttabel = 1,99 atau P = 0,020 < α = 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata rata hasil belajar operasi perkalian antara yang menggunakan metode mathmagic dengan metode bersusun pada siswa kelas IV MI KH. Abu mansur Surabaya. Hal ini menunjukkan bahwa metode mathmagic memberikan pengaruh terhadap hasil belajar operasi perkalian, hal ini terlihat bahwa metode mathmagic mampu mebuat pembelajaran tidak hanya terpusat pada guru, melainkan melibatkan semua siswa. Sementara pembelajaran operasi perkalian dengan metode bersusun membuat pembelajaran hanya terpusat pada guru, proses pembelajaran terasa jenuh dikarenakan tidak adanya interaksi satu sama lain, hanya siswa yang memiliki kemampuan baik saja yang berani menunjukkan kemampuannya ketika proses pembelajaran berlangsung. Kata Kunci: operasi perkalian, metode mathmagic, metode bersusun

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lusiana Prastiwi
Date Deposited: 18 Jul 2017 02:26
Last Modified: 18 Jul 2017 02:26
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/481

Actions (login required)

View Item View Item