Pramudiana, Ika Devy and Sholichah, Nihayatus (2016) Pelayanan Publik untuk Nelayan dalam Kepemilikan PAS Kecil pada Kapal Dibawah 7 GT di Dinas Perhubungan Kabupaten Lamongan. Other. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Dr. SOetomo.
|
Text
combinepdf.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pelayanan pada hakikatnya adalah serangkaian kegiatan, karena itu proses pelayanan berlangsung secara rutin dan berkesinambungan, meliputi seluruh kehidupan organisasi dalam masyarakat. Proses yang dimaksudkan dilakukan sehubungan dengan saling memenuhi kebutuhan antara penerima dan pemberi pelayanan Pelayanan publik ini menjadi semakin penting karena senantiasa berhubungan dengan khalayak masyarakat ramai yang memiliki keaneka ragaman kepentingan dan tujuan. Salah satu pelayanan publik yang tidak banyak diperhatikan adalah pelayanan pengurusan pas kapal pada nelayan untuk kapal dibawah 7 GT. Banyak nelayan yang menganggap sepele dan banyak yang tidak mempunyai PAS kecil tersebut. Agar kapal mendapatkan izin pelayaran maka kapal harus memliki perlengkapan kapal yang bertujuan untuk mendorong operasional kapal dalam melakukan pelayaran. Karena pentingnya kepemilikan pas kapal tersebut maka Pemerintah Lewat Dinas Perhubungan memberikan dorongan kepada nelayan untuk mengurus kepemilikan Pas kecil tersebut. Pelayanan bidang perhubungan laut yang diberikan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Lamongan diberikan melalui sub bidang perhububungan laut yang memiliki tugas tersendiri dalam memberikan suatu pelayanan kepada masyarakat. Sub bidang beserta pelayanan yang diberikan tersebut antara lain adalah 1) Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Laut Bidang lalu lintas dan angkutan laut memberikan bentuk pelayanan untuk mengatur dan mengawasi lalu lintas dan operasional angkutan laut di Kabupaten Lamongan. 2). Bidang Keselamatan Pelayaran Bidang keselamatan pelayaran memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait dengan keselamatan pelayaran. Pelayanan yang diberikan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Lamongan terdiri dari penerbitan Pas Kecil. Pelaksanaan penerbitan laut Pas Kapal dan Sertifikat Kesempurnaan Kapal secara keseluruhan sudah dilaksanakan berdasarkan standar operasional prosedur yang telah ditetapkan. Dinas Perhubungan sudah melakukan pendekatan dengan cara memberikan penyuluhan-penyuluhan pentingnya pengurusan PAS kecil, dari masyarakat yang enggan mengurus PAS kecil menjadi bersedia mengurus PAS kecil karena Dinas Perhubungan memberikan pelayanan terbaik untuk Nelayan sehingga memenuhi kelengkapan surat-suratnya. Dari pelayanan yang diberikan oleh Dinas Perhubungan Nelayan merasa puas karena pembuatan PAS kecil menjadi mudah, efektif efisien dan juga tidak membutuhkan biaya yang mahal. Terdapat faktor pendukung di dalam pelayanan publik ini, yaitu adanya Kerjasama antar Staf Dinas Perhubungan bagian laut dan komitmen antar pegawai. Sementara masih ada faktor penghambatnya yaitu kurangnya anggaran dan kurangnya kerjasama antara masyarakat Nelayan.
Item Type: | Monograph (Other) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi |
Depositing User: | Suryaningfatma Wigati |
Date Deposited: | 18 Jul 2017 07:49 |
Last Modified: | 18 Jul 2017 07:49 |
URI: | http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/482 |
Actions (login required)
View Item |