Kadar, Suharti and Listiana, Yuni and Amrullah, Imron ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS) SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN MATEMATIKA(Studi Kasus di Kelas VIII di SMP Negeri 30 Surabaya Tahun Ajaran 2018/2019). Technical Report. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Dr Soetomo. (Unpublished)
Text
Laporan Penelitian PPL siap Repo.pdf Download (1MB) |
Abstract
Matematika merupakan suatu cabang ilmu pasti (sains) yang merupakan mata pelajaran wajib di sekolah, baik dari tingkat sekolah dasar hingga menengah. Matematika juga merupakan salah satu mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional (UN) sehingga pemahaman konsep akan materi yang diajarkan di sekolah harus mampu mengakomodasi kebutuhan siswa, baik saat akan mengikuti ujian maupun untuk penerapan ilmu di jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Namun sampai saat ini masih banyak siswa yang menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit, tidak menyenangkan dan menjadi momok dalam pembelajaran. Permasalahan utamanya adalah ketidaksesuaian antara gaya belajar yang diinginkan siswa dengan gaya belajar yang diterapkan oleh guru. Dimana pada umumnya guru menyajikan materi pembelajaran berdasarkan pada silabus yang menjadi target capaian pembelajaran, sehingga guru lebih banyak mengajar dengan cara menerangkan konsep, memberi contoh dan latihan soal sesuai contoh. Hal ini memicu daya kreatif dan nalar siswa menjadi kurang terasah. Dampak yang ditimbulkan adalah kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal – soal matematika dengan tingkat kesulitan sedikit lebih tinggi dari contoh soal menjadi kurang kompetitif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan jenis–jenis kesulitan yang dialami siswa ketika menyelesaikan soal Penilaian Tengah Semester (PTS) mata pelajaran Matematika pada ujian PTS Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018-2019 di SMPN 30 Surabaya. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan data yang digunakan adalah lembar jawaban siswa kelas VIII-E SMPN 30 Surabaya sebanyak 32 siswa peserta ujian. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa lebih dari 90% siswa tidak mampu mendapatkan informasi yang diketahui dan ditanyakan pada soal, hal ini terlihat dari sedikitnya siswa yang menuliskan kembali di dalam lembar jawaban tentang apa yang diketahui dan ditanyakan di dalam soal. Dengan persentase siswa menjawab benar sebanyak 41%, maka dapat ditunjukkan bahwa lebih dari separuh siswa yang mengikuti ujian tidak mampu menjawab pertanyaan di dalam soal dengan benar. Jenis kesulitan yang dialami siswa dalam mengerjakan soal PTS mata pelajaran matematika semster ganjil adalah kesulitan dalam memahami konsep, dengan tingkat kesulitan paling dominan terutama pada soal jenis barisan geometri, kesulitan dalam menerjemahkan barisan dalam bentuk gambar ke barisan bilangan, dan kesulitan dalam melakukan perhitungan. kesulitan yang dialami siswa lebih dominan kepada pemahaman konsep yang kurang. Kata Kunci : Kesulitan matematika, Discalculys, Pemahaman Konsep
Item Type: | Monograph (Technical Report) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Lusiana Prastiwi |
Date Deposited: | 08 Jul 2019 07:26 |
Last Modified: | 08 Jul 2019 07:26 |
URI: | http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/1683 |
Actions (login required)
View Item |