PENGARUH E-LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP MINAT, KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

Hatip, Ahmad PENGARUH E-LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP MINAT, KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA. Other. Unitomo. (Submitted)

[img] Text
DIPA HATIP.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah merambah berbagai bidang kehidupan tidak terkecuali bidang pendidikan dan pengajaran. Pembelajaran yang selama ini berjalan di bangku kuliah cenderung monoton dan kurang membangkitkan minat dan kemandirian mahasiswa dalam belajar. Hal ini disebabkan oleh masih maraknya pembelajaran di ruang kuliah yang selalu mengandalkan tatap muka dan konvensional dengan pembelajaran ekspositori. Padahal dengan berkembangnya teknologi yang semakin modern, maka ruang pembelajaran juga selalu berkembang. E-learning adalah suatu kemajuan penting dalam system pendidikan modern. E-learning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi (contents) maupun sistemnya. E- learning menawarkan pembelajaran menggunakan media elektronik yang dapat mendukung pembelajaran menjadi lebih menarik, efektif dan efisisen. Interaksi dosen dan mahasiswa bisa dilaksanakan setiap saat secara online tanpa batas ruang dan waktu. Sehingga metode pembelajaran dengan E-learning dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa, khususnya mahasiswa di program studi Pendidikan Matematika Fakultas Kependidikan dan Ilmu Pendidikan. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) terdapat pengaruh e- learning berbasis edmodo terhadap minat belajar mahasiswa, (2) terdapat pengaruh e-learning berbasis edmodo terhadap kemandirian belajar mahasiswa, (3) terdapat pengaruh e-learning berbasis edmodo terhadap hasil belajar mahasiswa, (4) terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar dalam e-learning berbasis edmodo, (5) terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar dalam e-learning berbasis edmodo, dan (6) tidak terdapat pengaruh minat belajar terhadap kemandirian belajar dalam e-learning berbasis edmodo.

Item Type: Monograph (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Administrator Unitomo
Date Deposited: 16 Jul 2018 08:32
Last Modified: 20 Jul 2018 03:09
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/1096

Actions (login required)

View Item View Item