LAPORAN PENELITIAN UNGGULAN DIPA UNIVERSITAS DR. SOETOMO 2018 IDENTIFIKASI TINGKAT BERFIKIR KREATIF SISWA BERBASIS GAYA BELAJAR DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA OPEN ENDED

Ardianik, Ardianik and Widayat, Edy and Kadar, Suharti LAPORAN PENELITIAN UNGGULAN DIPA UNIVERSITAS DR. SOETOMO 2018 IDENTIFIKASI TINGKAT BERFIKIR KREATIF SISWA BERBASIS GAYA BELAJAR DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA OPEN ENDED. Technical Report. Universitas Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
LAPORAN AKHIR PENELITIAN UNGGULAN DIPA UNITOMO TAHUN 2018.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan identifikasi tingkat berpikir kreatif siswa berbasis gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik dalam memecahkan masalah matematika open ended. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA kelas XI yang berjumlah enam orang siswa, setiap dua siswa masing-masing mewakili gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Enam orang siswa ini di pilih berdasarkan hasil angket gaya belajar siswa yang paling ekstrim dan saran dari guru matematika kelas XI. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes soal matematika open ended, dan wawancara. Data dalam penelitian ini berupa hasil jawaban siswa dalam memecahkan masalah matematika open ended dan hasil wawancara dari siswa visual, auditori, dan kinestetik. Metode analisis data meliputi analisis data hasil jawaban tes tulis dan analisis data hasil wawancara ( reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat berpikir kreatif siswa bergaya belajar visual dalam memecahkan masalah matematika open ended khususnya luas segitiga sembarang, teridentifikasi tingkat berpikir kreatif 4 (sangat kreatif), karena sudah memenuhi tiga indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan; 2) Tingkat berpikir kreatif siswa bergaya belajar auditori dalam memecahkan masalah matematika open ended khususnya luas segitiga sembarang, teridentifikasi tingkat berpikir kreatif 3 (kreatif), karena sudah memenuhi dua indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan dan fleksibilitas; 3) Tingkat berpikir kreatif siswa bergaya belajar kinestetik dalam memecahkan masalah matematika open ended khususnya luas segitiga sembarang, teridentifikasi tingkat berpikir kreatif 1 (kurang kreatif), karena hanya memenuhi satu indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan. Bagi lembaga perguruan tinggi yaitu Universitas Dr. Soetomo pada umumnya dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan pada khususnya,diharapkan dari hasil penelitian ini diperoleh inovasi pembelajaran yang pada saatnya dapat dimanfaatkan oleh FKIP dan para dosen Pendidikan Matematika. Dengan demikian hasil penelitian ini bermanfaat untuk para dosen FKIP, Fakultas dan Universitas Dr. Soetomo sehingga semakin banyak penelitian yang dilakukan maka dengan sendirinya renstra Univ. Dr. Soetomo akan tercapai.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Administrator Unitomo
Date Deposited: 19 Jul 2018 07:19
Last Modified: 19 Jul 2018 07:19
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/1130

Actions (login required)

View Item View Item