ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENJADI PERTIMBANGAN MASYARAKAT MEMILIH MODA TRANSPORTASI BERBASIS APLIKASI (STUDI KASUS DI KOTA SURABAYA)

SUGIYANTO, SUGIYANTO ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENJADI PERTIMBANGAN MASYARAKAT MEMILIH MODA TRANSPORTASI BERBASIS APLIKASI (STUDI KASUS DI KOTA SURABAYA). Technical Report. UNIVERSITAS DR. SOETOMO SURABAYA. (Submitted)

[img] Text
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MENJADI PERTIMBANGAN MASYARAKAT MEMILIH MODA TRANSPORTASI BERBASIS APLIKASI.pdf

Download (231kB)

Abstract

Transportasi merupakan sarana yang umum digunakan untuk mengangkut barang atau manusia dari satu tempat ke tempat lain. Alat ini menjadi kebutuhan pokok bagi setiap manusia untuk berbagai kebutuhan, misalnya untuk bekerja ataupun sebagai sarana penunjang usaha. Tak pelak jika transportasi menjadi “nyawa” bagi setiap manusia di semua lapisan masyarakat. Pada zaman modern seperti sekarang ini, kebutuhan akan transportasi semakin meningkat, seiring dengan meningkatnya aktivitas/pergerakan masyarakat dari satu tempat ke tempat lain. Terdapat berbagai jenis sarana transportasi umum yang saat ini dapat dipilih oleh masyarakat pengguna transportasi, mulai dari sarana transportasi yang masih konvensional hingga sarana transportasi berteknologi cangih. Transportasi berbasis aplikasi (selanjutnya disebut tansportsai/taksi online), merupakan salah satu jenis transportasi yang akhir-akhir ini banyak diminati masyarakat. Salah satu faktor yang menjadi daya tarik adalah karena kemudahannya. Hanya cukup bermodalkan gadget dan aplikasi, pengguna sudah bisa memesan transportasi yang nyaman dengan harga yang relative murah. Bahkan, transportasi online bersedia menjemput konsumen di rumah atau tempat yang dikehendaki tanpa harus berpanas-panasan berjalan ke jalan raya dan menunggu angkutan. Dengan kata lain, konsumen sangat dimanjakan dengan transportasi online ini. Transportasi online yang mengandalkan penerapan internal untuk aplikasi pemesanan taxi ini dapat merubah perilaku dan model bisnis jasa pelayanan taksi. Perusahaan taksi berbasis aplikasi berhasil masuk dan mengganggu pasar yang sudah dipenuhi pemain besar yang telah mapan dan nyaman menguasai bisnis pertaksian. Perusahaan teknologi taksi berbasis aplikasi tersebut berhasil memenangkan hati masyarakat (konsumen) dengan memberikan pelayanan yang lebih baik, jaminan keamanan perjalanan dengan harga yang realtif murah. Karena teknologi transportasi berbasis aplikasi tersebut dirasakan menguntungkan masyarakat pengguna taksi, sehingga kehadiran transportasi online tersebut menciptakan trend baru di masyarakat dalam penggunaan sarana transportasi. Antusias yang tinggi untuk mencoba hal yang terbilang baru ini, membuat masyarakat berbondong-bondong mencoba menggunakan pelayanan transportasi online ini. Baik pengguna lama hingga pengguna baru yang beralih dari kendaraan pribadi menjadi pengguna transportasi online. Kecanggihan teknologi yang menciptakan serangkaian kelebihan dalam transportasi online mau tidak mau mendorong pasar dari transportasi konvensional menuju transportasi online. Alhasil, pelanggan dan pendapatan transportasi konvensional pun menurun. Menyikapi adanya pergerseran perilaku masyarakat dalam memilih sarana transportasi di Surabaya, yakni dari sarana transportasi konvensional ke transportasi berbasis aplikasi, peneliti ingin mengetahui secara lebih mendalam tentang faktor-faktor yang menyebabkan masyarakat lebih senang menggunakan sarana transportasi berbasis aplikasi tersebut. Dengan diketahui faktor-faktor penyebab tersebut, diharapkan dapat memberikan masukan kepada pihak yang terkait dapat dirumuskan kebijakan dan regulasi yang sesuai, sehingga konflik antar masyarakat dapat dihindari/dicegah. Untuk kepentingan tersebut, peneliti melakukan penelitian tentang “ Analisis Faktor-Faktor Yang Menjadi Pertimbangan Masyarakat Dalam Memilih Moda Transportasi Berbasis Aplikasi”

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Husein Muhammad
Date Deposited: 26 Jul 2018 02:34
Last Modified: 26 Jul 2018 02:34
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/1160

Actions (login required)

View Item View Item