PENGEMBANGAN BUKU CERITA ANAK ISLAMI BERBASIS TRADITIONAL ECOLOGICAL KNOWLEDGE (TEK) UNTUK MENUNJANG PENGUATAN KARAKTER PADA ANAK SERTA MENUMBUHKEMBANGKAN KECINTAAN LINGKUNGAN

Hariyati, Nuria Reny and Purnamasari, Hetty and Septiana, Hespi PENGEMBANGAN BUKU CERITA ANAK ISLAMI BERBASIS TRADITIONAL ECOLOGICAL KNOWLEDGE (TEK) UNTUK MENUNJANG PENGUATAN KARAKTER PADA ANAK SERTA MENUMBUHKEMBANGKAN KECINTAAN LINGKUNGAN. Project Report. LPPM Akfar Surabaya. (Unpublished)

[img] Text
Laporan Tahun Terakhir PDP_2018_Nuria Reny Hariyati.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian pengembangan tentang buku cerita anak islami di Indonesia masih jarang dilakukan. Hal ini ditandai dengan masih minimnya artikel jurnal ataupun buku-buku pengembangan tentang buku cerita anak islami. Berkait dengan hal tersebut, penelitian “Pengembangan Buku Cerita Anak Islami Berbasis Traditional Ecological Knowledge (TEK)untuk Menunjang Penguatan Pendidikan Karakter pada Anak serta Menumbuhkembangkan Kecintaan pada Lingkungan” sangat penting dilaksanakan dalam rangka (1) pengenalan buku cerita anak yang islami, (2) pengenalan traditional ecological knowledge pada anak; (3) penguatan pendidikan karakter serta penumbuhkembangan rasa cinta pada lingkungan, dan (4) pelestarian lingkungan. Selain itu, penelitian ini penting untuk dilaksanakan agar anak-anak Indonesia memahami pelestarian lingkungan hidup dan cinta pada lingkungan. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) buku cerita anak (nomor ISBN 978-602-5811-01-2); (2) publikasi ilmiah dalam seminar nasional PPM Unesa dengan alamat http://semnasppm2018.unesa.ac.id; (3) publikasi ilmiah dalam seminar internasional 2nd ISLLAC UM dengan alamat http://isllac.um.ac.id; dan (4) publikasi jurnal internasional ALLS (Advances in Language and Literary Studies, Australia terindeks DOAJ, Copernicus dengan alamat http://www.journals.aiac.org.au/index.php/alls/index. Dalam kaitannya dengan kontribusi pengembangan IPTEKS, hasil penelitian ini secara teoretis diharapkan dapat dijadikan pengembangan buku cerita anak islami berbasis Traditional Ecological Knowledge (TEK) untuk menunjang penguatan pendidikan karakter pada anak serta menumbuhkembangkan kecintaan pada lingkungan konteks ke-Indonesia-an. Secara praktis, penelitian ini diharapkan (1) menghasilkan prototipe pengembangan buku cerita anak islami berbasis Traditional Ecological Knowledge (TEK) untuk menunjang penguatan pendidikan karakter pada anak serta menumbuhkembangkan kecintaan pada lingkungan Kata kunci: buku cerita anak, traditional ecologycal knowledge, penguatan karakter

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: P Language and Literature > PZ Childrens literature
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Depositing User: Lusiana Prastiwi
Date Deposited: 21 Jan 2019 06:27
Last Modified: 21 Jan 2019 06:27
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/1460

Actions (login required)

View Item View Item