Pelayanan Pengaduan Masyarakat tentang Penerangan Jalan Umum di Unit Pelaksana Tehnis Penerangan Jalan Umum Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya

Dwijosusilo, Kristyan and Isdianto, Erwin (2018) Pelayanan Pengaduan Masyarakat tentang Penerangan Jalan Umum di Unit Pelaksana Tehnis Penerangan Jalan Umum Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya. Pelayanan Pengaduan Masyarakat tentang Penerangan Jalan Umum di Unit Pelaksana Tehnis Penerangan Jalan Umum Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya, 2 (2). ISSN 2581-1231

[img] Text
1_Kristyan Ds dan Erwin I_2211 - 226.pdf

Download (454kB)
Official URL: https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/negara

Abstract

Pengaduan masyarakat merupakan bentuk ungkapan ketidakpuasan masyarakat atas kualitas pelayanan yang diterima yang sering berujung lahirnya tuntutan publik, seringkali dipandang sebagai hal yang buruk bagi kehidupan suatu organisasi, termasuk birokrasi. Unit Pelaksana Tehnis (UPT) Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Surabaya juga banyak menerima pengaduan masyarakat tentang Penerangan Jalan Umum (PJU). Untuk itu UPT PJU DKP Kota Surabaya sudah seharusnya melaksanakan pelayanan pengaduan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanannya. Penelitian ini mendiskripsikan secara kualitatif tentang bagaimana pelayanan pengaduan masyarakat tentang Penerangan Jalan Umum (PJU) di Unit Pelaksana Tehnis (UPT) Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Surabaya. Hasil temuan penelitian ini memperlihatkan bahwa pengaduan masyarakat selama ini terkait dengan beratnya syarat-syarat yang harus mereka penuhi khususnya syarat-syarat dalam pengurusan PJU dan perbaikan PJU. Pengaduan pelayanan disampaikan oleh warga atau masyarakat baik secara langsung dengan mendatangi unit pengaduan. Maupun secara tidak langsung lewat media massa, lewat telephone atau HP, media sosial, atau ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Oleh karena wilayah Kota Surabaya yang luas dan titik PJU yang sangat banyak (1500 titik) sementara petugas beserta sarana / prasarana yang sedikit ( 60 petugas tehnis dan 7 skywalker ) mengakibatkan pelayanan penyelesaian pengaduan memerlukan waktu yang relatif cukup lama. Namun demikian Unit Pelaksana Tehnis (UPT) Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Surabaya telah memiliki langkah-langkah yang terstruktur dan sistimatis dalam pelayanan penyelesaian pengaduan masyarakat tentang PJU, dan tetap semangat dalam menyelesaikan pengaduan sehingga warga atau masyarakat pelapor merasa puas atas kinerja Unit Pelaksana Tehnis Penerangan Jalan Umum pada khususnya, dan Pemerintah Kota Surabaya pada umumnya. Keyword : Pelayanan Pengaduan, Penerangan Jalan Umum

Item Type: Article
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Suryaningfatma Wigati
Date Deposited: 21 Jan 2019 03:04
Last Modified: 21 Jan 2019 03:04
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/1466

Actions (login required)

View Item View Item