YENNY, S.Sos, M.Si, Yenny and IWAN JOKO PRASETYO, S.Sos, M.Si, Iwan (2019) Hasil Plagiasi POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL MANAJER KASUS DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PENYANDANG ODHA DI RSUD dr, SOETOMO SURABAYA. Fakultas Ilmu Komunikasi. (Unpublished)
Text
Hasil plagiasi jurnal profetik-ok.pdf Download (309kB) |
Abstract
Abstrak. Perlakuan masyarakat kepada orang yang menyandang ODHA sangat diskrimatif. Bahkan mereka di marginalkan dalam pergaulan masyarkat. Kenyataan ini sangat tidak mendukung untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka unutk tetap bertahan hidup. Upaya untuk mengembalikan kepercayaan diri mereka perlu kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh para relawan yang etrgabung dalam Kelompok Dukungan Sebaya). Komunikasi interpersonal antara MK (Kelompok Dukungan Sebaya) sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan rasa percaya diri para penyandang ODHA. Persoalan pendampingan pasien ODHA yang dilakukan oleh MK akan dikaji dengan teori-teori yang ada dalam komunikasi interpersonal. Teori yang mendasari adalah teori komunikasi interpersonal dan teori pengungkapan diri (Self Disclosure). Teori-teori ini sangat membantu dan mendasari dalam membahas berbagai macam permasalahan dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode “deskriptif kualitati” yaitu penelitian yang menggambarkan dan menjelaskan berbagai kondisi dan situasi yang menjadi objek penelitian. Unit analisanya adalah : komunikasi verval dan nonverbal, keterbukaan (keterbukaan membuka diri), empati (menempatkan pada posisi atau perasaan orang lain), dukungan (memotivasi dan memberi dukungan). Dari hasil wawancara dan observasi menunjukkan bahwa komunikasi yang dilakukan melalui bahasa informal (campuran) dan menggunakan gerakan tubuh. Empati selalu ditunjukkan oleh para MK dengan berbagai macam cara sehingga di dalam berkomunikasi ada keterbukaan untuk saling mengungkapkan perasaan masing-masing. Ini juga dilandasi oleh rasa percaya para penyandang ODHA bahwa para MK akan tetap menjaga kerahasiaan pribadi mereka di masyarakat. Kata-kata kunci: : Komunikasi interpersonal, Manajer Kasus, Percaya diri
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Nurul Agustia |
Date Deposited: | 24 May 2019 03:58 |
Last Modified: | 28 Jan 2020 02:00 |
URI: | http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/1654 |
Actions (login required)
View Item |