Hatip, Ahmad (2019) Pembelajaran Matematika Di Era Industri 4.0. In: Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 4 Mei 2019, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Text
PROSIDING-SEMINAR-NASIONAL-PENDIDIKAN-MATEMATIKA-2019_compressed.pdf Download (676kB) |
Abstract
Tujuan dari kajian ini adalah untuk mendeskripsikan salah satu solusi alternatif yang efektif dalam pembelajaran matematika di era industry 4.0. Untuk mewujudkan itu, perlu mengintegrasikan semua komponen yang mampu mengoptimalkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Komponen tersebut meliputi pendekatan pembelajaran, model pembelajaran, dan media pembelajaran. Pendekatan dan model pembelajaran yang mampu memberikan pengalaman belajar menjadi menarik, mandiri, dan efektif di era industry 4.0 adalah blended learning. Mengkombinasikan model-model pembelajaran inovatif dan elearning menggunakan web, blog, ataupun media sosial. Di era industry 4.0, media pembelajaran menggunakan perangkat lunak berupa software/aplikasi yang bisa diakses oleh setiap siswa melalui PC, laptop atau bahkan melalui mobile. Kompetensi yang dikembangkan dalam pembelajaran matematika bergeser dari pembelajaran yang menitik beratkan pada perhitungan statis berupa benar atau salah, menjadi pembelajaran yang lebih menitikberatkan pada kemampuan memecahkan masalah matematika. Untuk mencapai tujuan itu, perlu peningkatan kemampuan literasi matematika sehingga kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan reflektif siswa meningkat.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lusiana Prastiwi |
Date Deposited: | 04 Jul 2019 02:06 |
Last Modified: | 04 Jul 2019 02:06 |
URI: | http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/1667 |
Actions (login required)
View Item |