TINGKAT PENGUASAAN SISWA KELAS X SMA ISLAM PARLAUNGAN SIDOARJO DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERBASIS GAYA BELAJAR

Ardianik, Ardianik and Martono, Boedi and Setiawan, Windi (2018) TINGKAT PENGUASAAN SISWA KELAS X SMA ISLAM PARLAUNGAN SIDOARJO DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERBASIS GAYA BELAJAR. Technical Report. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. (Unpublished)

[img] Text
LaporaN Penelitian Windi dkk.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tingkat penguasaan siswa kelas X SMA islam parlaungan dalam memecahkan soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel berbasis gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA kelas X semester gasal tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 49 siswa dan dikelompokan berdasarkan gaya belajar yang di pilih berdasarkan hasil angket gaya belajar siswa yang paling ekstrim dan saran dari guru matematika kelas X. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket gaya belajar,dan tes soal cerita. Data dalam penelitian ini berupa hasil jawaban siswa dalam memecahkan soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel. Metode analisis data meliputi analisis data hasil jawaban tes tulis berdasarkan nilai KKM (75), dan analisis data hasil jawaban tes tulis berdasarkan nilai mean dan standar deviasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat penguasaan materi berdasarkan nilai KKM, menunjukkan bahwa tingkat penguasaan siswa visual pada materi soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel ada empat siswa (8,2%) yang menguasai dan ada 17 siswa (34,7%) yang tidak menguasai. Tingkat penguasaan materi siswa auditori ada tiga siswa (6,1 %) yang menguasai dan ada 13 siswa (26,5%) yang tidak menguasai. Tingkat penguasaan materi siswa kinestetik tidak ada siswa (0%) yang menguasai dan ada 12 siswa (24.5%) yang tidak menguasai; 2) Tingkat penguasaan materi berdasarkan nilai mean dan standart deviasi, menunjukkan bahwa tingkat penguasaan siswa visual pada materi soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel tergolong klasifikasi tinggi ada empat siswa (8,2%), tergolong klasifikasi sedang ada 14 siswa (28,6%), dan tergolong klasifikasi rendah ada tiga siswa (6,1%). Tingkat penguasaan materi siswa auditori yang tergolong klasifikasi tinggi ada tiga siswa (6,1%), tergolong klasifikasi sedang ada 13 siswa (26,5%), dan tidak ada siswa (0%) yang tergolong klasifikasi rendah. Tingkat penguasaan materi siswa kinestetik tergolong klasifikasi tinggi tidak ada (0%), tergolong klasifikasi sedang ada tujuh siswa (14,3%), dan yang tergolong klasifikasi rendah ada 5 siswa (10,2%).

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Lusiana Prastiwi
Date Deposited: 15 Jul 2019 03:04
Last Modified: 15 Jul 2019 03:04
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/1693

Actions (login required)

View Item View Item