TINGKAT KEMAMPUAN AWAL MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS DR.SOETOMO SURABAYA DITINJAU DARI ASAL DAERAH

Ardianik, Ardianik and Kadar, Suharti (2019) TINGKAT KEMAMPUAN AWAL MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS DR.SOETOMO SURABAYA DITINJAU DARI ASAL DAERAH. In: Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2019, 4 Mei 2019, Universitas PGRI Adi Buana.

[img] Text
PROSIDING ADIBUANA 2019 ARDIANIK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk melihat dan mendeskripsikan persentase tingkat kemampuan awal mahasiswa prodi pendidkan matematika FKIP Universitas Dr. Soetomo ditinjau dari asal daerah. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi penelitian dalam bidang pembelajaran matematika dan gambaran tentang tingkat kemampuan awal mahasiswa, sehingga hasil dari penelitian ini dapat dijadikan dasar yang dapat digunakan sebagai acuan untuk merancang strategi pembelajaran yang lebih baik, mengembangkan kegiatan belajar mengajar, serta meningkatkan pemahaman khususnya materi yang berkaitan dengan kemampuan awal matematika. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dan subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP Universitas Dr. Soetomo tahun akademik 2016/2017, penentuan subyek ini atas pertimbangan jumlah mahasiswa yang berasal dari luar jawa seimbang dengan yang berasal dari jawa . Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dan angket identitas diri. Data dalam penelitian ini berupa hasil tes kemampuan awal, yang nantinya akan di gunakan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan tingkat kemampuan awal mahasiswa, dan data identitas diri digunakan untuk mengetahui asal daerah mahasiswa. Soal tes kemampuan awal yang diberikan ke subjek penelitian adalah soal tes yang sudah valid (dapat mengukur apa yang seharusnya diukur) dan reliabel, karena soal-soal tersebut sudah diuji validitasnya setiap tahun. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data hasil tes kemampuan awal dengan mengklasifikasikan tingkat kemampuan awal berdasarkan nilai mean dan standar deviasi yang diperoleh, yaitu yang termasuk klasifikasi tinggi adalah ketika nilai tes mahasiswa lebih dari mean ditambah standar deviasi, sedangkan yang termasuk klasifikasi rendah ketika nilai tes mahasiswa kurang dari mean dikurang standar deviasi, dan yang termasuk klasifikasi sedang adalah ketika nilai tes mahasiswa berada antara klasifikasi tinggi dan klasifikasi rendah. Hasil dari penelitian ini memberikan gambaran bahwa: (1) Tingkat kemampuan awal matematika mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP Universitas Dr.Soetomo yang berasal dari daerah luar jawa yang tergolong klasifikasi tinggi tidak ada (0%), yang tergolong klasifikasi sedang ada 34,6%, dan yang tergolong klasifikasi rendah ada 23,1%; (2) Tingkat kemampuan awal matematika mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP Universitas Dr.Soetomo yang berasal dari daerah jawa yang tergolong klasifikasi tinggi ada 23,1%, yang tergolong klasifikasi sedang ada 19,2%, dan yang tergolong klasifikasi rendah tidak ada (0%). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal mahasiswa yang berasal dari daerah jawa lebih unggul dibandingkan dengan kemampuan awal mahasiswa yang berasal dari daerah luar jawa, dan kemampuan awal mahasiswa yang berasal dari daerah luar jawa masih banyak nilainya yang di bawah 37,25.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lusiana Prastiwi
Date Deposited: 15 Jul 2019 07:21
Last Modified: 15 Jul 2019 07:21
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/1700

Actions (login required)

View Item View Item