IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMASARAN USAHA MINUMAN SINOM KEKINIAN

Hendarto, M.Si, Dr Ir Totok (2019) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMASARAN USAHA MINUMAN SINOM KEKINIAN. Project Report. unitomo. (Unpublished)

[img] Text
Lap Pengmas Serdos 2019.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Dok baru 2019-08-01 15.33.02_1.pdf

Download (248kB)

Abstract

Judul Pengabdian kepada Masyarakat adalah Implemtasi Manajemen Pemasaran Usaha Minuman Sinom Kekinian. Masyarakat di Indonesia mempunyai kebiasaan dalam menjaga kesehatan tubuhnya dengan meminum jamu. Minuman sinom adalah salah satu jenis jamu yang diminati masyarakat. Minuman sinom minuman olahan dari bahan utama rimpang kunyit dan daun asam muda. Salah satu pengusaha jamu minuman sinom adalah pasangan suami istri Bapak Kartono dengan ibu Ririn Hidayati yang beralamatkan Dusun Daleman Desa japan Kec. Sooko Kabupaten Mojokerto. Hampir enam tahun berjalan usaha minuman sinom ditekuni dengan maksud bisa membantu ekonomi keluarga pada awalnya. Akan tetapi tinggi nya permintaan saat itu membuat pasangan suami istri ini menyadari bahwa pengembangan usaha minuman sinom dapat dipastikan bisa menjadi sandaran kehidupan di masa depan dengan lebih baik. Dalam usaha pengembangannya, terdapat beberapa kendala diantaranya adalah bagaimana mengimplementasikan tata kelola usaha atau manajemen usaha yang baik. Permasalahan nya adalah : a. Tata kelola bahan baku produksi, b. Tata kelola produksi, c.Tata kelola pembukuan usaha, d. Tata kelola hasil produksi dan Tata kelola pemasaran. Metode yang akan diterapkan berupa pendampingan dan pelatihan dengan perencanaan kerja yang tertata dengan baik. Target dan luaran yang diharapkan adalah sebagi berikut : a. Penyediaan bahan baku produksi yang lebih baik, b. Peningkatan ketrampilan produksi dari sumberdaya manusianya, c. Pelaksanaan pembukuan usaha mandiri, d. Diversifikasi pengemasan hasil produksi dan e. Peningkatan luasan pemasaran hasil produksi Kesimpulan : Usaha minuman sinom dengan program pendampingan berupa implementasi manajemen pemasaran menghasilkan tingkat keuntungan yang jauh lebh tinggi. Implementasi pemasaran dengan di awali perbaikan manajemen usaha menghasilkan tingkat keuntungan yang signifikan. Perbaikan manajemen usaha yang dilakukan meliputi penyiapan bahan baku, efisiensi produksi, pembukuan usaha, diversifikasi produk dan perluasan pemasaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Rahmawati Eka Setyorini
Date Deposited: 02 Aug 2019 00:33
Last Modified: 02 Aug 2019 00:33
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/1775

Actions (login required)

View Item View Item