MINAT, KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM E-LEARNING BERBASIS EDMODO

Hatip, Ahmad and Listiana, Yuni MINAT, KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM E-LEARNING BERBASIS EDMODO. AKSIOMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika.

[img] Text
Jurnal AKSIOMA Volume 8 No 3 2019 khusus hatip for repositori.pdf

Download (882kB)

Abstract

E-learning adalah suatu kemajuan penting dalam system pendidikan modern. E-learning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi (contents) maupun sistemnya. E-learning menawarkan pembelajaran menggunakan media elektronik yang dapat mendukung pembelajaran menjadi lebih menarik, efektif dan efisisen. Dalam penelitian ini kami mengkaji tentang pengaruh pembelajaran e-learning berbasis Edmodo terhadap minat belajar mahasiswa, kemandirian belajar mahasiswa, dan hasil belajar mahasiswa. Jenis penelitian termasuk dalam kategori kuantitatif eksplanasi eksperimen, dengan metode analisis data kuantitatif dengan SPSS. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa e-learning berbasis edmodo berpengaruh terhadap minat belajar mahasiswa, kemandirian belajar mahasiswa, dan hasil belajar mahasiswa dengan nilai signifikan masing – masing adalah 61.24, 61.84, dan 76.52 . Selain itu juga didapat bahwa ada korelasi positif antara minat belajar terhadap hasil belajar dalam e-learning berbasis edmodo dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar dalam e-learning berbasis edmodo, sedangkan untuk minat belajar terhadap kemandirian belajar dalam e-learning berbasis edmodo tidak menunjukkan adanya pengaruh apapun.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lusiana Prastiwi
Date Deposited: 10 Jan 2020 06:48
Last Modified: 10 Jan 2020 06:48
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/2172

Actions (login required)

View Item View Item