PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNITOMO TERHADAP INDEKS PRESTASI (IP) DITINJAU DARI ASAL DAERAH

Widayat, Edy and Ardianik, Ardianik and Kadar, Suharti (2019) PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNITOMO TERHADAP INDEKS PRESTASI (IP) DITINJAU DARI ASAL DAERAH. MUST : journal of mathematics education science and technology, 4 (2). pp. 147-162. ISSN 2541-6057

[img] Text
JURNAL MUST_ARDIANIK_Vol.4 No.2 Desember 2019.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji perbedaan kemampuan awal matematika, perbedaan motivasi belajar, perbedaan indek prestasi (IP) mahasiswa antara yang berasal dari jawa dengan luar jawa, serta menguji pengaruh kemampuan awal matematika, motivasi belajar dan asal daerah terhadap indek prestasi mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP Universitas Dr. Soetomo angkatan 2016/2017. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP Universitas Dr. Soetomo angkatan 2016/2017. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket motivasi, metode tes, angket identitas diri, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada perbedaan kemampuan awal mahasiswa antara yang berasal dari jawa dengan luar jawa, hal ini dibuktikan besarnya probabilitas (Sig. 2- tailed) = 0,000 < = 0,05; 2) Ada perbedaan motivasi belajar mahasiswa antara yang berasal dari jawa dengan luar jawa, hal ini dibuktikan besarnya probabilitas (Sig. 2- tailed) = 0,000 < = 0,05; 3) Ada perbedaan indeks prestasi mahasiswa antara yang berasal dari jawa dengan luar jawa, hal ini dibuktikan besarnya probabilitas (Sig. 2- tailed) = 0,009 < = 0,05; 4) Ada pengaruh kemampuan awal, motivasi belajar, dan asal daerah terhadap indek prestasi pada mahasiswa prodi pendidikan matematika FKIP Universitas Dr. Soetomo angkatan 2016/2017, hal ini dibuktikan besarnya probabilitas (Sig. 2- tailed) = 0,000 < = 0,05. Kata kunci: asal daerah, indeks prestasi, kemampuan awal, motivasi belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Lusiana Prastiwi
Date Deposited: 16 Jan 2020 01:08
Last Modified: 16 Jan 2020 01:08
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/2200

Actions (login required)

View Item View Item