Widayati, Wahyu and Utami, Sri and Sagala, Viktor (2019) PEMBERDAYAAN GURU SLB TUNAS KASIH DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN CALISTUNG KARTUBARPEL BERBASIS METODE BELAJAR SAMBIL BERMAIN. Jurnal Abdiku Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (2). ISSN 2615-7276
Text
JURNAL ABDIMAS BU WAHYU.pdf Download (567kB) |
Abstract
Abstrak Dewasa ini terkadang guru cenderung tidak menggunakan media sebagai alat bantu dalam pembelajaran, sehingga dapat mengurangi motivasi belajar siswa. Hal ini terjadi karena kurangnya biaya untuk pengadaan media pembelajaran di sekolah dan juga kurangnya kemampuan para guru di dalam membuat media pembelajaran tersebut. Pemakaian media pembelajaran sangat membantu dalam kegiatan pembelajaran khususnya pada anak berkebutuhan khusus (ABK). Membaca menulis merupakan salah satu aktivitas yang paling penting dalam hidup dan dapat dikatakan bahwa semua proses belajar didasarkan pada kemampuan membaca. Membaca adalah kegiatan paling penting dalam dunia pendidikan. Membaca, menulis, dan berhitung merupakan kemampuan dasar yang seharusnya diberikan pada anak usia Play Group dan TK sedini mungkin. Anak yang sudah mampu berbicara dengan lancar berarti sudah bisa diajarkan membaca, tetapi tidak dengan anak berkebutuhan khusus. Tidak sedikit anak dengan berkebutuhan khusus pada usianya yang seharusnya sudah mampu membaca menulis dan berhitung, akan tetapi masih belum mampu lancar berbicara khususnya pada anak penderita keterbelakangan mental atau yang sering disebut dengan Tunagrahita. Penelitian ini bertujuan membuat media pembelajaran calistung untuk siswa SLB Tunagrahita berbasis metode belajar sambil bermain, dan memberi pelatihan terhadap guru SLB Tunas Kasih mengenai pembuatan media yang murah, sederhana, dan cocok untuk siswa SLB Tunagrahita berbasis metode belajar sambil bermain. Hasil kegiatan ini adalah guru-guru SLB Tunas Kasih sudah memiliki wawasan mengenai metode pembelajaran belajar sambil bermain dan mampu membuat dan memanfaatkan media calistung untuk anak SLB tunagrahita. Kata Kunci: Media, calistung, belajar sambil bermain Abstract Nowadays teachers sometimes tend not to use media as aids in learning, so that it can reduce student motivation. This happens because of the lack of funds for the provision of instructional media in schools and also the lack of the ability of teachers to create learning media. The use of instructional media is very helpful in learning activities especially for children with special needs (ABK). Reading writing is one of the most important activities in life and it can be said that all learning processes are based on reading skills. Reading is the most important activity in the world of education. Reading, writing and arithmetic are the basic abilities that should be given to Play Group and Kindergarten age children as early as possible. Children who are able to speak fluently mean they can be taught to read, but not with children with special needs. Not a few children with special needs at their age who should have been able to read writing and arithmetic, but still not able to speak fluently, especially in children with mental retardation or often referred to as mentally disabled. This research aims to make calistung learning media for SLB Tunagrahita students based on learning while playing methods, and provide training to Tunas Kasih SLB teachers on making media that is cheap, simple, and suitable for SLB Tunagrahita students based on learning while playing methods. The results of this activity are Tunas Kasih SLB teachers already have insights on learning methods while playing and are able to create and utilize calistung media for mentally retarded SLB children. Keywords: Media, calistung, learning while playing
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Lusiana Prastiwi |
Date Deposited: | 05 Aug 2020 15:22 |
Last Modified: | 05 Aug 2020 15:22 |
URI: | http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/2804 |
Actions (login required)
View Item |