Cicilia Tantri Suryawati, Cicilia Tantri and listyaningsih, listyaningsih and mulyanto, mulyanto PENELITIAN UNGGULAN DIPA BUDAYA LOKAL SEBAGAI DAYA TARIK PARIWISATA DI INDONESIA DAN JEPANG. Project Report. unpublished. (Unpublished)
Text
Laporan akhir (isi).pdf Download (2MB) |
Abstract
Budaya lokal merupakan kekayaan bangsa yang wajib dilestarikan. Salah satu cara untuk melestarikan suatu budaya lokal adalah melalui destinasi wisata. Keingintahuan akan budaya suatu daerah dapat mengundang wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata tersebut. Penelitian ini bertemakan budaya lokal sebagai daya Tarik wisata merupakan penelitian lanjutan dari penelitian “Gegar Budaya yang Dialami Mahasiswa Unitomo di Jepang” dan “Spirit Omotenashi dalam Chanoyu pada Perusahaan Jepang”, dan “Omotenashi di perusahaan berkonsep Jepang” . Penelitian ini sejalan dengan renstra penelitian Universitas Dr. Soetomo pada bidang Sosial Humaniora- Seni Budaya-Pendidikan yang berfikus pada kajian ekonomi dan sumber daya manusia meliputi bidang kewirausahaan, koperasi, dan UMKM, pendidikan berkarakter dan berdaya saing, seni pendukung budaya pariwisata. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu mengenai budaya lokal yang diusung oleh tempat wisata sebagai bentuk pelestarian suatu budaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis kualitatif dengan data-data yang diperoleh melalui angket, wawancara, studi dokumentasi, dan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan budaya lokal pada suatu tempat wisata selain sebagai sarana untuk menarik wisatawan berkunjung ke tempat itu juga sebagai sarana pembelajaran sehingga masyarakat dapat terus memahami budaya lokal suatu daerah.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Teknologi Pangan |
Depositing User: | Niko Hasda |
Date Deposited: | 05 Aug 2020 15:23 |
Last Modified: | 05 Aug 2020 15:23 |
URI: | http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/2852 |
Actions (login required)
View Item |