NEGOSIASI DAN KONSEP KONTRAK PEMASARAN TEMPE DAN PRODUKSI KRIPIK TEMPE PADA KELOMPOK USAHA TEMPE DI MEDOKAN SEMAMPIR KOTA SURABAYA

Dr. Vieta Imelda C, SH., MH, Vieta and Agustiawan Djoko Baruno, SE., MM., Agustiawan (2020) NEGOSIASI DAN KONSEP KONTRAK PEMASARAN TEMPE DAN PRODUKSI KRIPIK TEMPE PADA KELOMPOK USAHA TEMPE DI MEDOKAN SEMAMPIR KOTA SURABAYA. Project Report. Unitomo Press, Surabaya, Indonesia. (Unpublished)

[img] Text
LAP AKHIR PKM TEMPE SERDOS 2020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mitra UMKM pada Kelurahan Medokan Semampirtelah mengelola produksi tempe yang dikenal dengan Setia TEMPE. UMKM Setia Tempe selama ini hanya memproduksi tempe saja tanpa membuat produk olahannya seperti kripik tempe. Penjualan dan promosi yang dilakukan masih belum memanfaatkan berbagai aplikasi yang telah disediakan media sosial baik melalui Hp Android atau fasilitas wifi yang saat ini sudah marak di daerah / desa saat ini sehingga dapat dikatakan belum maksimalnya penggunaan sarana promosi digital marketing yang lebih luas jangkauan promosinya untuk meningkatkan volume penjualan. Salah satu tema kegiatan strategis pengabdian masyarakat yang mengakomodasi cabang keilmuan di lingkungan Universitas Dr. Soetomo yaitu mengangkat tema ketahanan pangan dan industri kreatif sehingga hal ini yang menjadikan tim PKM melaksanakan pengabdian masyarakat pada UMKM Medokan Semampir ini. Beberapa halyang dianggap sebagai masalah prioritas oleh mitra UMKM adalahmasalahcara memotong tempe menjadi kripik tempe yang tebalnya sama serta memasarkan kripik tempe dengan menggunakan digital marketing yaitu akun Instagram dan Facebook. Solusi yang diberikan berupa mendesain alat potong tempe untuk membuat produk olahan tempe berupa kripik tempe serta pelatihan (pembinaan dan pendampingan) yang dilakukan dengan strategi kronologis atau bertahap yang pertama yaitu memberikan pengetahuan / membuka wawasan kepada pengusaha UMKM Medokan Semampir tentang begitu pentingnya penggunaan digital marketing sebagai sarana promosi kripik tempe. Kegiatan solusi yang ketiga membuat foto-foto dan video promosi kripik tempe untuk mengisi Akun digital marketingnya dan yang keempat solusi yang disepakati yaitu melakukan evaluasi dalam melakukan promosi kripik tempe yang telah dilakukan oleh UMKM Medokan Semampir melalui digital marketing. Saran yang dapat dipergunakan oleh beberapa pihak terkait untuk membantu dalam pengembangan usaha kripik tempe di UMKM Medokan Semampir Kelurahan Medokan Semampir Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya, pelatihanuntukpenggunaandigital marketing sebagai sarana promosi saat ini dimana pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan pemasaran dan komunikasi pemasaran melalui digital marketing sangat dibutuhkan maka hendaknya pemerintah daerah dapat menjadi fasilitator untuk itu.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: Vieta Imelda Cornelis, Agustiawan Djoko Baruno
Uncontrolled Keywords: Negosiasi, Kontrak, Perjanjian Jual Beli, Digital Marketing, Kelompok Usaha Tempe
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mr. Agustiawan Baruno
Date Deposited: 12 Aug 2020 11:20
Last Modified: 12 Aug 2020 11:20
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/2860

Actions (login required)

View Item View Item