PENENTUAN TINGKAT KESULITAN GAME BERBASIS DISTRIBUSI GAUSSIAN MENGGUNAKAN METODE BOX MULLER PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Vitianingsih, Anik Vega and Mardi S. N, Supeno (2012) PENENTUAN TINGKAT KESULITAN GAME BERBASIS DISTRIBUSI GAUSSIAN MENGGUNAKAN METODE BOX MULLER PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. In: Prosiding Seminar Nasional Informatika, 19 Oktober 2012, STIMIK Potensi Utama Medan.

[img]
Preview
Text
Paper-Stimik-Vega Unitomo.pdf

Download (793kB) | Preview

Abstract

Pembuatan sebuah game komputer sebagai media pembelajaran harus memperhatikan tingkat kesulitan berdasarkan kemampuan player, agar motivasi player tetap dapat dipertahankan. Untuk itu diperlukan perhitungan untuk menentukan tingkat kesulitan tantangan dan tingkat permainan secara otomatis. Sehingga game pembelajaran tersebut dapat menyesuaikan tingkat kesulitan sesuai respon permainan player. Penelitian ini diujicobakan pada pembelajaran matematika untuk tingkat soal mudah, sedang dan sulit. Distribusi gaussian dan metode box muller diterapkan untuk menentukan tingkat kesulitan soal secara otomatis. Distribusi gaussian untuk menentukan distribusi dari tingkat kesulitan game dengan menaikkan dan menurunkan tingkat kesulitan untuk tipe soal sulit, sedang dan mudah. Sedangkan metode box muller digunakan untuk pembangkit bilangan acak. Perhitungan dilakukan untuk membangkitkan 10 soal dari 30 soal dengan mean (μ) dan standard deviasi (σ) tertentu. Frekuensi kemunculan soal dari 10 kali percobaan dengan menggunakan distribusi gaussian dan metode box muller didapatkan hasil μ=3 dan σ=1 frekuensi kemunculan 10 soal cenderung ke soal tipe mudah, μ=5 dan σ=1 cenderung ke soal tipe sedang dan μ=7 dan σ=1 cenderung ke soal tipe sulit. Hasil percobaan untuk menaikkan dan menurunkan tingkat kesulitan soal supaya game lebih dinamis dan tidak monoton dari setiap kemampuan player, jika player dengan kemampuan rata-rata awal permainan pada pintu-1 memilih tingkat kesulitan sedang μ=6 dengan nilai 60, karena nilai baik maka pada pintu-2 tingkat kesulitan soal dinaikkan μ=6 dengan nilai 80, karena nilai baik maka pada pintu-3 tingkat kesulitan dinaikkan μ=8 dengan nilai 85 dan jika player dengan kemampuan dibawah rata-rata awal permainan pada pintu-1 memilih tingkat kesulitan mudah μ=3 dengan nilai 20, karena nilai kurang maka pada pintu-2 tingkat kesulitan soal diturunkan μ=2 dengan nilai 50, karena nilai cukup maka pada pintu-3 tingkat kesulitan soal dinaikkan μ=5 dengan nilai 70. Kata Kunci: Distribusi Gaussian, Box-Muller, Player, Matematik

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Vega Vitianingsih
Date Deposited: 16 Oct 2017 06:20
Last Modified: 14 Feb 2018 12:58
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/349

Actions (login required)

View Item View Item