PENERAPAN PRINSIP GOOD GOVERNANCE PADA LAYANAN E-KLAMPID DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PECATATAN SIPIL KOTA SURABAYA

Pratama Harlian, Dio Bintang (2022) PENERAPAN PRINSIP GOOD GOVERNANCE PADA LAYANAN E-KLAMPID DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PECATATAN SIPIL KOTA SURABAYA. Diploma thesis, Universitas Dr. Soetomo Surabaya.

[img] Text
COVER_DIO BINTANG P.pdf

Download (212kB)
[img] Text
PENERAPAN PRINSIP GOOD GOVERNANCE PADA LAYANAN E-KLAMPID DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PECATATAN SIPIL KOTA SURABAYA .pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan e-Klampid Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya merupakan salah satu instansi yang menyelenggarakan pelayanan di bidang administrasi kependudukan. Namun dalam pelaksanaannya masih terdapat kendala, oleh karena itu Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membuat inovasi, yaitu e-Klampid Elektronik Lahir, Mati, Pindah, Datang, Kawin, dan Cerai merupakan layanan online untuk pengurusan akta kelahiran, akta kematian, pindah datang dan pindah keluar bagi WNI, serta akta perkawinan dan akta perceraian bagi masyarakat non-muslim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan e-Klampid di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Pada atribut inovasi Relative Advantage bahwa inovasi e-Klampid di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya ini mempunyai nilai keunggulan dan nilai lebih yang mana dalam hal ini tingkat keuntungan yang dimiliki sebuah inovasi dapat dilihat melalui nilai ekonomi, kecepatan bekerja, kemudahan bekerja dan kesenangan atau kepuasan masyarakat, serta hemat tenaga karena tidak perlu berkali-kali datang. Compatibility, bahwa terdapat kesesuaian dengan SOP yang berlaku serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Complexity, bahwa tidak terdapat kerumitan, artinya penggunaan inovasi e-Klampid lebih memudahkan masyarakat. Triability, bahwa inovasi e-Klampid telah dilakukan uji coba pada tahun 2014. Observability, bahwa melalui inovasi e-Klampid masyarakat dapat dengan mudah melihat sejauh mana proses pelayanan yang telah didaftarkan, dan output yang dihasilkan dari adanya inovasi e-Klampid dapat dirasakan oleh masyarakat. Kata kunci: inovasi pelayanan publik, administrasi kependudukan, e- Klampid

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: DIO BINTANG PRATAMA HARLIAN 2018020017
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Unitomo Library 2024
Date Deposited: 30 Aug 2024 03:31
Last Modified: 30 Aug 2024 03:31
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/3545

Actions (login required)

View Item View Item