STRATEGI PENGAJARAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMK UNITOMO

Huda, Nuril (2013) STRATEGI PENGAJARAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMK UNITOMO. UNSPECIFIED. Fonema. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
SMK lengkap.pdf

Download (618kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh strategi pengajaran agama dalam pendidikan agama islam, maka guru memegang peranan penting dalam proses pendidikan, salah satu yang dilakukan guru adalah memberikan pelayanan kepada para siswa dalam pembelajaran dikelas dengan menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasai, sehingga siswa mampu mencerna materi yang dibawakan oleh guru. Fokus penelitian ini adalah : (1) Bagaimana strategi guru agama dalam membuat perencanan pembelajaran pendidikan agama islam untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMK Unitomo Surabaya? (2) Bagaimana strategi guru agama dalam pemilihan materi belajar mengajar pendidikan agama islam untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMK Unitomo Surabaya? (3) Bagaimana strategi guru agama dalam menentukan metode belajar mengajar pendidikan agama islam untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMK Unitomo Surabaya? Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah : (a) Untuk mengetahui bagaimana strategi guru agama dalam membuat perencanakan pembelajaran pendidikan agama islam untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMK Unitomo Surabaya. (b) Untuk mengetahui bagaimana strategi guru agama dalam pemilihan materi belajar mengajar pendidikan agama islam untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMK Unitomo Surabaya. (c) Untuk mengetahui bagaimana strategi guru agama menentukan metode belajar mengajar pendidikan agama islam untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMK Unitomo Surabaya. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi serta wawancara. Dengan metode ini diharapkan dapat memperoleh data-data yang kongkrit yang sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan di SMK Unitomo Surabaya. Setelah data terkumpul kemudian dianalisa melalui metode deskriptif kualitatif untuk data yang kualitatif. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan akhirnya menghasilkan suatu kesimpulan sebagai berikut : (1) Strategi guru dalam membuat perencanaan pembelajaran PAI di SMK Unitomo Surabayayaitu guru menerapkan perencanaan pembelajaran cukup baik, meliputi memperhatikan perencanaan kurikulum, memperhatikan kondisi riel sekolah dan siswanya dalam pembelajaran. (2) Strategi guru dalam memilih materi belajar mengajar PAI di SMK Unitomo Surabaya. Yaitu dalam usahanya guru menggunakan strategipememilihan materi belajar mengajar yang sesuai dengan kemampuan siswanya, pemilihan materi belajar meliputi tujuan pengajaran, pentingnya bahan, nilai praktis, tingkat perkembangan peserta didik dan tata urutan pembuatan pemilihan materi. (3) Strategi guru dalam menentukan metode belajar mengajar PAI di SMK Unitomo Surabaya. Adapun bentuknya metode diantaranya : a. Ceramah, tanya jawab dan tugas, b. Ceramah, diskusi dan tugas, c. Ceramah, dan kuis, d. Ceramah, demonstrasi dan latihan-latihan. (4) Strategi guru dalam merancang kegiatan pembelajaran PAI di SMK Unitomo Surabaya adapun strategi yang dilakukan guru dalam merancang pembelajaran adalah : a. Persiapan mental guru, b. Perangkat pembelajaran yang didesain dengan sesuai dengan perkembangan peserta didik, c. Proses kegiatan belajar mengajar dikelas, d. Penilaian. Saran karena semakin besar tantangan yang dihadapi oleh SMK terutama persaingan antara SMK di Surabaya baik negeri maupun swasta, perlu dipikirkan konsep dan strategi yang lebih baik dalam membangun dan mengembangkan kualitas pembelajarannya dan kualitas guru pengajar. Keywords: Strategy, Learning Achievement ABSTRACT This research is motivated by a strategy of teaching religion in Islamic religious education, the teacher plays an important role in the educational process, one of the teachers is to provide services to students in learning in class by using strategies that were mixed, so that students are able to digest the material that was delivered by teacher. The focus of this research are: (1) How is the strategy planning religious teachers in making learning Islamic religious education to improve student achievement SMK Unitomo Surabaya? (2) What strategies religious teachers in the selection of teaching and learning materials of Islamic religious education to improve student achievement SMK Unitomo Surabaya? (3) What strategies religious teachers in determining the methods of teaching and learning of Islamic religious education to improve student achievement SMK Unitomo Surabaya? The aim of research in this thesis are: (a) To find out how the strategy of religious teachers in making learning perencanakan Islamic religious education to improve student achievement SMK Unitomo Surabaya. (B) To find out how the strategy of religious teachers in the selection of teaching and learning materials of Islamic religious education to improve student achievement SMK Unitomo Surabaya. (C) To find out how the strategy religion teacher determines the method of teaching and learning of Islamic religious education to improve student achievement SMK Unitomo Surabaya. Methods: This study used a qualitative descriptive approach. In collecting the data using the method of observation, documentation and interview. With this method is expected to obtain concrete data in accordance with the needs of the research conducted at SMK Unitomo Surabaya. After the data collected then analyzed by qualitative descriptive method for qualitative data. From the research that I did eventually produce a conclusion as follows: (1) Strategy teacher in planning learning in vocational Unitomo PAI Surabayayaitu teachers implement lesson plans good enough, includes attention to curriculum planning, pay attention to the condition of riel schools and students in learning. (2) Strategy teacher in selecting teaching materials in vocational Unitomo PAI Surabaya. Namely in its efforts strategipememilihan teachers use teaching and learning materials in accordance with the ability of their students, the selection of study materials include teaching purposes, the importance of materials, practical value, the level of development of learners and the sort order for the making of the election materials. (3) Strategies teachers in defining teaching and learning methods in vocational Unitomo PAI Surabaya. As for the shape of the methods include: a. Lectures, discussion and assignment, b. Lectures, discussions and assignments, c. Lectures and quizzes, d. Lectures, demonstrations and exercises. (4) The strategy of teachers in designing learning activities in vocational Unitomo PAI Surabaya as for strategies that teachers in designing learning are: a. Mental preparation of teachers, b. Learning device designed in accordance with the development of learners, c. The process of teaching and learning activities in class, d. Assessment. Suggestions for the greater challenges faced by competition between SMK SMK especially in Surabaya both public and private, need to think about concepts and better strategies in building and developing the quality of learning and the quality of teacher educators

Item Type: Monograph (UNSPECIFIED)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia
Depositing User: Dwi Cahyono
Date Deposited: 09 May 2016 06:19
Last Modified: 18 Apr 2018 01:11
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/36

Actions (login required)

View Item View Item