SISTEM NEGOSIASI UNTUK CUSTOMER TO CUSTOMER E-COMMERCE MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY

Sumirat, Lambang Probo and Djunaidy, Arif (2016) SISTEM NEGOSIASI UNTUK CUSTOMER TO CUSTOMER E-COMMERCE MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY. Jurnal Sisfo, 5 (5). pp. 646-655. ISSN 1979-3979

[img]
Preview
Text
OAJIS_29_1625.pdf

Download (11MB) | Preview
Official URL: http://jurnalsisfo.is.its.ac.id/web/2016/06/10/vol...

Abstract

Penelitian ini membahas tentang negosiasi jual beli secara otomatis pada c2c e-commerce yang melibatkan banyak penjual dan banyak pembeli. Negosiasi otomatis yang melibatkan banyak penjual dan banyak pembeli, tidak dapat diselesaikan menggunakan metode probabilitas atau aritmatik Oleh karena itu dalam penelitian ini menggunakan metode logika fuzzy untuk memperoleh harga kesepakatan. Ketidak pastian pada tingkat kenaikan dan penurunan harga tawar menawar yang ditentukan pada strategi jual beli dijadikan parameter masukan dan digunakan untuk membentuk himpunan fuzzy, selanjutnya dilakukan defuzzy serta inferensi untuk memperoleh harga negosiasi. Satu pembeli dapat melakukan negosiasi dengan banyak penjual atas barang yang sama, demikian pula satu penjual melakukan negosiasi dengan banyak pembeli atas barang yang sama. Dengan demikian masing masing pihak akan mendapatkan harga yang beragam atas barang yang sama sehingga dapat menentukan harga terbaik.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Lambang Probo Sumirat
Date Deposited: 03 Oct 2016 09:28
Last Modified: 12 Sep 2017 10:06
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/48

Actions (login required)

View Item View Item