Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Program Studi Jenjang S1 Di Universitas Dr Soetomo

Irawan, Darto Analisis Faktor-Faktor Bauran Pemasaran yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Program Studi Jenjang S1 Di Universitas Dr Soetomo. Project Report. Universitas Dr. Soetomo. (Submitted)

[img]
Preview
Text
Darto.pdf

Download (432kB) | Preview

Abstract

Bauran pemasaran lembaga perguruan tinggi merupakan bagian keputusan pemasaran yang di dalamnya terdapat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam memilih program studi. Universitas Dr Soetomo memiliki bauran pemasaran yang khas sesuai dengan karakter lembaga dan mahasiswanya. Faktor-faktor bauran pemasaran apa saja yang menjadi pertimbangan mahasiswa dalam memilih program studi di Universitas Dr Soetomo merupakan masalah pemasaran yang penting untuk diteliti. Hasilnya dapat dimanfaatkan lembaga pendidikan tersebut untuk digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan pemasarannya. Oleh karena itu penelitian ini ditujukan untuk menemukan atau mengidentifikasi faktor-faktor yang dimaksudkan tersebut. Untuk mencapai tujuan tersebut desain penelitiannya adalah penelitian deskriptif eksploratori. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik kuisener dengan responden mahasiswa semester dua di Universiats Dr Soetomo sebanyak 178 yang ditentukan dengan cara eksidental-cluster. Responden diminta persetujuannya terhadap 29 pernyataan yang masing-masing menjadi variabel yang diturunkan dari konsep bauran pemasaran jasa yang terdiri dari 7P (Product,Price, Place,Promotion, People,Physical Evidence, dan Process). Teknik analisis faktor digunakan untuk mereduksi 29 variabel tersebut menjadi faktorfaktor yang di dalamya terkumpul variabel-variabel yang saling berkorelasi kuat. Ada enam faktor yang telah teridentifikasi dan diberi nama Proses mengalami, Media komunikasi, Nilai tawar lulusan, Sistem pembiayaan, Komunikasi personal langsung, dan Word of mouth. Pengelola perguruan tinggi dapat memanfaatkan keenam faktor tersebut sebagai pedoman awal untuk membuat keputusan pemasarannya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Aditya Masruri
Date Deposited: 24 Jul 2017 11:27
Last Modified: 24 Jul 2017 11:27
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/484

Actions (login required)

View Item View Item