Laporan Penelitian DIPA 2017 "PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA"

Kusmiyati, Kusmiyati and Sagala, Viktor (2017) Laporan Penelitian DIPA 2017 "PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA". Technical Report. Lembaga Penelitian Universitas Dr. Soetomo.

[img]
Preview
Text
Laporan Dipa Penelitian.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Strategi problem based learning (PBL) WSP telah diterapkan pada pembelajaran siswa kelas eksperimen XI IPA-3 SMATAG Surabaya, sementara itu kelas control XI IPA-1 diajar dengan PBL ISP. Sebelum pembelajaran, terlebih dahulu dikur kemampuan awal kedua kelompok siswa. Ternyata kemampuan kedua kelompok siswa adalah sama. Untuk menguji pengaruh strategi pembelajaran PBL terhadap hasil belajar siswa, maka pada akhir pembelajaran dilakukan pengukuran kemampuan kedua kelompok siswa. Berdasarkan hasil nalisis, ternyata nilai hasil belajar kelas eksperimen meningkat sebesar 39,7% dari kemampuan awal kepada kemampuan akhir pembelajaran. Hal ini menjunjukkan bahwa ada pengaruh strategi PBL WSP terhadap hasil belajar siswa. Keywords : problem based learning, hasil belajar kognitif

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lusiana Prastiwi
Date Deposited: 24 Jul 2017 11:27
Last Modified: 24 Jul 2017 11:27
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/486

Actions (login required)

View Item View Item