Strategic Place Triangle Pengembangan Potensi Kawasan Pariwisata Bojonegoro

muchammad, nurif and sdrs, soedarso and Suyanto, Suyanto (2015) Strategic Place Triangle Pengembangan Potensi Kawasan Pariwisata Bojonegoro. Strategic Place Triangle Pengembangan Potensi Kawasan Pariwisata Bojonegoro, 8 (1). pp. 23-45. ISSN 2443-3527

[img]
Preview
Text
fix viii .pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kabupaten Bojonegoro ditetapkan sebagai salah satu daerah tujuan wisata (DTW) Di Jawa Timur karena memiliki potensi obyek wisatawa alam dan budaya yang telah mendapatkan perhatian wisatawan nusantara pada umumnya. Dalam kebijakan pengembangan yang tertuang dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata (RIPP) Jawa Timur 1999-2015 Kabupaten Bojonegoro meskipun bukan sebagai gerbang utama namun memiliki peran strategis untuk mendorong pertumbuhan kawasan di sekitarnya. Dalam penelitian, peneliti melakukan pemetakan perubahan lingkungan eksternal, pemetakan pesaing dan pelanggan, analisis internal, dan analisis TOWS. Selanjutnya akan dirumuskan Strategic Place Triangle. Yang dimaksud dengan Strategic Place Triangle adalah suatu pendekatan strategi pemasaran wilayah yang mencangkup tiga hal kunci, yaitu (1) Strategi yang mencangkup Segmentasi-Targeting-Positioning, (2) Taktik yang mencakup Diferensiasi-Marketing Mix- Selling, (3) Value yang mencakup Brand-Servis-Proses. Analisis pemetaan terhadap lingkungan eksternal dan internal dengan menggunakan pendekatan Strategi Pemasaran Wilayah (Marketing Places) tersebut akan menghasilkan Positioning, Diferensiasi, dan Brand, bagi potensi kawasan pariwisata Bojonegoro. Positioning-nya adalah ibarat Bali bagi Jawa Timur dengan kekhasan tetap memegang nilai-nilai religi dan kultur lokal setempat. Diferensiasi-nya adalah one-stop-shopping services, pesona wisata yang tak berakhir, cantik alami, penduduknya yang santun,ramah, dan mempesona. Brand-nya adalah Pesona Wisata Bojonegoro. Keywords : kawasan, pariwisata, Bojonegoro, Strategic Places Triangel, strategi, taktik, value

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Studi Pembangunan
Depositing User: Pratiwi Vivi Eka
Date Deposited: 08 Aug 2017 14:09
Last Modified: 03 Feb 2020 00:46
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/506

Actions (login required)

View Item View Item