Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Layanan di Koperasi Karyawan Keluarga Besar Petrokimia Gresik (K3PG)

Dwijosusilo, Kristyan and Fatah, Zaenal (2017) Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Layanan di Koperasi Karyawan Keluarga Besar Petrokimia Gresik (K3PG). Other. Lembaga Penelitian Universitas Dr. Soetomo Surabaya.

[img]
Preview
Text
combinepdf.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul pengaruh kualitas sumber daya manusia terhadap kualitas pelayanan. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil lokasi di Koperasi Karyawan Keluarga Besar Petrokimia Gresik (K3PG), dengan pertimbangan judul atau tema penelitian tentang pengaruh kompetensi sumber daya manusia terhadap kualitas pelayanan belum pernah dilaksanakan, dan disamping itu juga dikarenakan ada pertimbangan peneliti bahwa hal tersebut penting untuk dilakukan sebagai dasar menyusun kebijakan pengembangan SDM di masa mendatang. Dengan menggunakan sampel 30 karyawan di bagian pelayanan konsumen untuk mengukur kompetensi SDM K3PG dan 30 pelanggan unit usaha K3PG untuk mengukur kualitas pelayanan. Sampel 30 karyawan dan 30 pelanggan di unit usaha K3PG masing-masing 5 responden di Responden SPBU, Toko Olah Raga 5 responden, responden Toko Bangunan 5, responden Apotek 5, Unit Toko 1 sebanyak 5 responden, dan di Unit Toko 2 sebanyak 5 responde. Pengumpulan data primer dilakukan dengan kusioner tertutup dengan skala Likert. Pengolahan data kuisioner dilakukan dengan tehnik prosentase. Setiap item pertanyaan dikelompokan menurut kategori jawaban. Dari banyaknya kelompok kategori jawaban kemudian dibuat prosentase yang disusun pada tabel tunggal. Selain prosentase untuk tiap item pertanyaan, tehnik prosentase juga dilakukan kepada seluruh item yakni dengan menyusun kategori berdasarkan total skor setiap responden. Namun demikian total skor tiap karyawan pada setiap variabel dipergunakan juga sebagai data untuk keperluan uji hipotesis dengan spss 11.5 Analisis data dan pengujian hipotesis dilakukan dengan metode regresi linear menggunakan program SPSS 11.5. Hasil analisis data sebagai berikut : Persamaan regresi linear antara variabel kompetensi (X) terhadap variabel kualitas pelayanan (Y) untuk 30 responden adalah Y = 0,228X + 44,962. Oleh karena Nilai probabilitas 0,474 lebih besar dari 0,005 maka Ho diterima.Ini berarti kompetensi SDM tidak berpengaruh terhadap kualitas pelayanan. Demikian juga oleh karena Nilai t hitung 1,878 berarti lebih kecil dari nilai t tabel 2,045 berarti Ho diterima. Ini berarti kompetensi SDM tidak berpengaruh terhadap kualitas pelayanan di K3PG dalam taraf kepercayaan 5%. Dari tabel model summary dapat diketahui nilai R2 (Adjusted R Square) = -0,017. Jadi sumbangan pengaruh variabel kompetensi terhadap variabel kualitas pelayanan sebesar -1,7%. Nilai -0,017 berarti dibawah nol sehingga kompetensi SDM sebenarnya tidak memberi pengaruh / tidak memberi sumbangan sama sekali kepada kualitas pelayanan. Secara logis nilai 0 adalah nilai sumbangan pengaruh paling rendah. Dengan kata lain 101,7% ( 100% - ( 1,7%)) dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kompetensi, kualitas, pelayanan

Item Type: Monograph (Other)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Suryaningfatma Wigati
Date Deposited: 16 Aug 2017 02:00
Last Modified: 16 Aug 2017 02:00
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/513

Actions (login required)

View Item View Item