STRATEGI KAMPANYE PENCITRAAN KAWASAN PESISIR SURABAYA

Christantyawati, Nevrettia and Zulaikha, Zulaikha and Erni Jusnita, Ayu (2014) STRATEGI KAMPANYE PENCITRAAN KAWASAN PESISIR SURABAYA. JURNAL ILMU KOMUNIKASI, 5 (2). ISSN 2086-6704

[img]
Preview
Text
Strategi Kampanye .pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Pengembangan masyarakat pesisir perlu diperhitungkan dalam pembangunan daerah secara keseluruhan. Kawasan pantai yang dihuni oleh nelayan selalu identik dengan kekumuhan dan kemiskinan. Khususnya di Surabaya, ada inisiatif dari Pemerintah Kota Surabaya untuk mengembangkan potensi kawasan pesisir Kenjeran ini menjadi kawasan ikonik wisata Surabaya dengan melokasisasi perdagangan dan pengolahan ikan " Sentra Pasar Ikan Bulak". Untuk mendukung program Pemerintah Kota tersebut, proposal penelitian ini ditujukan untuk meneliti dan mendeskripsikan dari sisi branding kawasan (place branding) akan keberhasilan pembangunan kawasan wisata pesisir. Adapun yang unik dalam mencapai tujuan ini adalah karakteristik masyarakat serta perlunya komunikasi partisipatoris dalam menjual area tersebut sebagai brand wisata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumusan komunikasi pemasaran dengan dekonstruksi factor keberhasilan konstruksi identitas tempat berbasis identitas budaya masyarakat. Penelitian ini melalui 2 tahap metode. Tahap pertama adalah survey dan pengamatan media komunikasi visual yang terdapat di situs wisata. Tahap selanjutnya adalah menginterpretasi data sesuai dengan uraian factor keberhasilan strategi branding kawasan.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rahmawati Eka Setyorini
Date Deposited: 30 Dec 2017 02:30
Last Modified: 30 Dec 2017 02:30
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/624

Actions (login required)

View Item View Item