PELATIHAN PEMBUATAN MODUL AJAR BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK SISWA DIFABEL PADA SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) HARMONI GEDANGAN

Vitianingsih, Anik Vega and Choiron, Achmad and Nur Tiara Shanty, Ratna (2017) PELATIHAN PEMBUATAN MODUL AJAR BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK SISWA DIFABEL PADA SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) HARMONI GEDANGAN. In: Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat 2017, Universitas Islam Madura.

[img]
Preview
Text
Full Paper Senias 26-61-122-1-10-20171031.pdf

Download (755kB) | Preview
Official URL: http://senias.uim.ac.id/index.php/senias_2017/arti...

Abstract

SLB Harmoni sebagai mitra pada kegiatan pengabdian pada masyarakat memiliki 55 siswa dan 13 guru. 15 di antara siswanya pada SDLB, SMPLB dan SMALB merupakan tunarungu. Mitra memiliki harapan agar sekolah bisa memberikan pembekalan keterampilan bagi siswa tunarungu berupa kemampuan komputer--Desain Grafis. Selain itu, sekolah berharap bisa menjadi juara lomba Desain Grafis tingkat nasional untuk siswa difabel. Namun guru pembimbing khusus (GPK) memiliki keterbatasan pengetahuan dan keterampilan serta media untuk membimbing. Permintaan dan harapan mitra tersebut, dibuatlah rencana kegiatan pengabdian masyarakat dengan metode yang melibatkan mitra secara penuh dari awal perencanaan, implementasi hingga evaluasi kegiatan. Dari hasil analisa situasi dan kegiatan awal, dibuatlah kegiatan pelatihan untuk siswa dan GPK yang sesuai dengan kebutuhan tahapan pembelajaran desain grafis untuk siswa dan GPK. Salah satu yang penting diimplementasikan adalah adanya media pembelajaran berbasis web yang berisi modul dan material desain grafis, yang memudahkan siswa tunarungu dan guru, untuk membuat proyek desain. Hasil implementasi dan evaluasi kegiatan, siswa dan GPK dapat terbantu dan mudah untuk belajar mengembangkan kemampuan keterampilan desain grafis. Guru juga dapat melakukan pengumpulan material desain dan memasukan ke media pembelajaran berbasis web yang mudah diakses oleh siswa. Dari hasil evaluasi keberhasilan pembelajaran, kemampuan siswa membuat proyek desain lebih cepat 60% dan tingkat kreativitas desain meningkat 100%. Kata Kunci: multimedia, teknologi pembelajaran, difabel, desain grafis

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Vega Vitianingsih
Date Deposited: 11 Jan 2018 05:08
Last Modified: 13 Feb 2018 13:20
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/691

Actions (login required)

View Item View Item