PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU PEMBUATAN BAHAN AJAR GUNA MENDUKUNG PEMBELAJARAN ONLINE

Slamet, Kacung and Sumirat, Lambang Probo and Muzakki, Achmad (2107) PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU PEMBUATAN BAHAN AJAR GUNA MENDUKUNG PEMBELAJARAN ONLINE. In: Senias 2017, Universitas Islam Madura Pamekasan.

[img]
Preview
Text
Pemanfaatan Teknologi Informasi.pdf - Accepted Version

Download (675kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi pembelajaran di bidang ICT memberikan peluang inovasi penyelenggaraan pendidikan yang tidak terbatas ruang dan waktu dengan mengembangkan pembelajaran berbasis internet (elearning). E-learning merupakan model pembelajaran baru dalam dunia pendidikan yang dapat memberikan peran dan fungsi yang besar bagi kemajuan dunia pendidikan. Hal ini untuk menambah kekurangan model pembelajaran konvensional (tatap muka) yang terbatas ruang dan waktu dalam proses pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai pada program pengabdian masyarakat adalah meningkatkan kemampuan guru dalam membuat bahan ajar secara online, serta meningkatkan kemampuan jumlah guru dalam membuat bahan ajar secara variatif dan menyenangkan dan tanpa batas ruang dan waktu. Target khusus yang ingin dicapai adalah semua guru mampu membuat pembelajaran secara online, serta mampu membuat evaluasi (feedback) dari hasil pembelajaran secara online sehingga siswa dapat melakukan refleksi diri hasil pembelajaran agar dapat meningkatkan mutu belajar peserta didik dari kondisi sekarang, sesuai dengan keinginan mitra. Penerapan ICT pada dunia pendidikan melalui e-learning sangat positif karena siswa dapat belajar di mana saja dan kapan saja. Pengabdian yang diusulkan pada mitra adalah transfer metode e-learning berbasis ICT sesuai dengan permasalahan khusus yang dihadapi mitra (SMK 17 Agustus 1945 Surabaya) adalah perlunya peningkatan SDM guru dalam pembuatan bahan ajar (course) secara online melalui CMS moodle, untuk mewujudkan konsep sekolah berbasis ICT. Pemikiran ini berangkat dari tuntutan pengembangan sistem pembelajaran tradisional menuju pemanfaatan ICT. Penyelesaian masalah kebutuhan mitra dilakukan dengan tiga strategi yaitu pembuatan portal e-learning; Pelatihan e-learning untuk dan pendampingan e-learning untuk guru. Luaran program adalah pembuatan portal e-learning, peningkatan kemampuan guru menerapkan pembelajaran e-learning. Hasil pelaksanaan program e-learning adalah guru mampu membuat bahan ajar secara e-learning mencapai 80%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Lambang Probo Sumirat
Date Deposited: 11 Jan 2018 07:12
Last Modified: 22 Feb 2018 02:34
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/696

Actions (login required)

View Item View Item