Laporan Akhir Tahun KEMAMPUANPEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN GENDER

Sucipto, Sucipto and Hatip, Ahmad Laporan Akhir Tahun KEMAMPUANPEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN GENDER. Technical Report. Lembaga Penelitian Universitas Dr. Soetomo. (Unpublished)

[img] Text
lap akhir repositori.pdf

Download (590kB)

Abstract

Pada abad ke-21 sumber daya manusia dituntut menguasai sejumlah kompetensi inti diantaranya: keterampilan pemecahan masalah, pemikiran kritis, kreativitas, inovasi, kolaborasi, dan komunikasi. Kemampuan memecahkan masalah matematis merupakan bagian dari kompetensi yang harus dimiliki dan dikembangkan individu sebagai bekal menghadapi permasalahan yang semakin kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk menguji:(1) perbedaan kemampuan memecahkan masalah matematis mahasiswa berdasarkan gaya kognitif, tingkat kemandirian belajar, dan gender, (2) perbedaan kemampuan memecahkan masalah matematis mahasiswa yang mempunyai gaya kognitif field defendentdengan field indefendent berdasarkan gender.Penelitian menerapkan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode expose facto. Populasi penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Dr. Soetomo Surabaya. Sampel penelitian berjumlah 53 mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika dengan menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes, inventori, dan angket dengan instrumen yang valid. Teknis analisis data menggunakan statistik parametrik dengan uji t (ttest) dan non parametrik uji Mann Whitney.Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapatperbedaan kemampuan memecahkan masalah matematis mahasiswa berdasarkan gaya kognitif dan tingkat kemandirian belajar, (2) tidak terdapatperbedaan kemampuan memecahkan masalah matematis berdasarkan gender mahasiswa, (3) tidak terdapat perbedaan kemampuan memecahkan masalah matematis mahasiswa yang mempunyai gaya kognitif field defendentmaupunfield indefendent berdasarkan gender.Selanjutnya disarankan kepada pembelajar untuk: (1) memperhatikan karakteristik pebelajar berupa gaya kognitif dan kemandirian belajar sehingga akan tercipta lingkungan belajar yang kondusif dan mencapai kemampuan pemecahan masalah matematis yang diharapkan, dan (2) menggali karakteristik pebelajar selain gender yang berpengaruh terhadap kemampuan memecahkan masalah matematis.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Lusiana Prastiwi
Date Deposited: 16 Jul 2019 00:19
Last Modified: 16 Jul 2019 00:19
URI: http://repository.unitomo.ac.id/id/eprint/1704

Actions (login required)

View Item View Item